Sukses

Jerawat di Tahi Lalat
22 Mar 2019, 01:25 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dokter, saya irgi saat ini saya berumur 21th. Dok saya mau tanya, saya mempunyai Tahi lalat diatas alis dari kecil, selama ini tidak pernah merasakan apapun di tahi lalat saya, bentuknya pun simetris, tapi beberapa hari ini saya sering merasakan nyeri pada tahi lalat saya seperti nyeri jerawat, saya kira mungkin akan muncul jerawat di sekitar tahi lalat.. Tapi makin hari tahi lalat saya sedikit membesar dan terasa sangat sakit saat bangun tidur.. apakah ini wajar dok?

Terima kasih telah bertanya tentang Jerawat di Tahi Lalat melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Tahi lalat atau disebut juga nevi atau moles merupakan pertumbuhan pada kulit yang biasanya berwarna coklat atau hitam. Tahi lalat dapat muncul di bagian kulit manapun, baik tunggal maupun berkelmpok. Sebagian besar muncul pada masa kanak-kanak dan dalam 30 tahun pertama kehidupan seseorang. Pada saat dewasa, memiliki 10-40 tahi lalat dianggap normal.

Seiring berjalannya waktu, tahi lalat dapat mengalami perubahan, menjadi lebih tebal atau berubah warna. Seringkali juga, tumbuh rambut di atas tahi lalat tersebut. Sebagian lainnya tidak berubah sama sekali, dan ada juga yang perlahan-lahan hilang sendiri. 

Berikut adalah karakteristik tahi lalat:

  • Tekstur dan warna. Tahi lalat dapat berwarna coklat, coklat kehitaman, hitam, merah, biru atau merah muda. Permukaannya bisa licin, berkerut, rata dengan kulit atau menimbul. Bisa tumbuh rambut di atasnya.
  • Bentuk bisa oval hingga bulat.
  • Ukuran tahi lalat biasanya kurang dari 6 mm (diameter). Namun, tahi lalat yang muncul sejak lahir bisa lebih besar hingga menutupi sebagian wajah misalnya ('tompel').

Sebagian besar tahi lalat tidak membahayakan. Namun ada sebagian yang bisa menyebabkan kanker ganas pada kulit, yaitu melanoma. Panduan berikut dapat membantu Anda menentukan apakah tahi lalat itu jinak atau ganas:

A - asymmetrical shape. Setengah bagian tahi lalat tidak sama dengan setengah bagian lainnya.

B - border. Batas tahi lalat tidak rata, berlekuk. 

C - color. Tahi lalat berubah warna, memiliki banyak warna atau distribusi warnanya tidak merata.

D - diameter. Perhatikan pertumbuhan baru pada tahi lalat yang berukuran lebih besar dari 6 mm (diameter)

E - evolving. Perhatikan tahi lalat yang berubah ukuran, bentuk, warna atau ketinggian, khususnya bila sebagian atau seluruh bagian tahi lalat menjadi hitam.

Tahi lalat yang ganas sangat bervariasi penampakannya. Sebagian dapat menunjukkan semua karakteristik yang disebutkan di atas. Sebagian lagi hanya memiliki 1 atau 2 karakteristik.

Segera kunjungi dokter apabila Anda memiliki tahi lalat yang:

  1. Nyeri
  2. Gatal atau rasa terbakar
  3. Mengeluarkan cairan/darah
  4. Menunjukkan tanda-tanda ABCDE di atas
  5. Tumbuh kembali setelah dihilangkan sebelumnya
  6. Tumbuh baru dan usia Anda sudah lebih dari 30 tahun

Pada kasus Anda, tahi lalat disertai infeksi sekunder seperti bisul/jerawat. Ini perlu dipastikan apakah terdapat 2 kondisi yang berbeda yaitu tahi lalat dan jerawat di atas tahi lalat atau tahi lalat yang terinfeksi. Karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Jerawat di Tahi Lalat. Semoga bermanfaat.

12 Komentar

  • Tiara Andini

    Autem dolor similique quia dolore ipsum optio vel. Sequi quasi possimus et illum et. Soluta consequatur labore error inventore iusto et.

  • Tiara Andini

    Ea nisi ut laboriosam officia rerum. Officiis provident quidem ut ratione et autem harum. Et et qui optio ab. Quia hic voluptatem nobis ut. Atque esse ratione possimus ut repellat iusto.

  • Ernaa Setiowati

    Voluptatem et quia voluptatem voluptatem. Similique velit aut laboriosam doloremque ut. Voluptatem corrupti sed voluptatem et assumenda.