Sukses

Benjolan Nyeri Pada Telapak Kaki

22 Mar 2019, 09:17 WIB
Wanita, 21 tahun.

Siang dok di telapak kaki saya ada benjolan berwarna merah tidak besar sih .benjolan nya tidak keluar dok di dalam dan kalau di injak kan telapak kaki terasa sakit .penyakit apa ya dok ? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Benjolan Nyeri Pada Telapak Kaki melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Apa yang Anda alami mungkin merupakan mata ikan. Mata ikan disebut juga clavus. Clavus merupakan penebalan kulit karena adanya tekanan dan gaya gesek yang intermiten, umumnya ditemukan pada telapak kaki. Penebalan kulit ini dapat menimbulkan rasa nyeri, dan pada situasi tertentu bisa menyebabkan ulkus. Tekanan atau gesekan berulang tersebut dapat disebabkan oleh cara berjalan serta jenis sepatu yang dipakai. Apakah Anda menggunakan sepatu yang agak sempit dengan bahan yang keras (seperti kulit)? Jika ya, sebaiknya Anda menggunakan sepatu yang lebih nyaman, yang berukuran sedikit lebih besar.

Untuk mengurangi benjolan yang ada dapat digunakan obat-obat tertentu yang bersifat mengikis. Sedangkan untuk mengurangi friksi atau gesekan yang ada bisa digunakan bantalan pada sepatu.

Jika dengan cara-cara ini nyeri tetap tidak berkurang dan benjolan dirasa mengganggu, bisa dilakukan operasi kecil. Namun, untuk memastikan diagnosis, saat ini Anda sebaiknya mengunjungi dokter agar dapat dilihat langsung.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Benjolan Nyeri Pada Telapak Kaki. Semoga bermanfaat.

21 Komentar

  • Sis******gita

    Vitae omnis ullam nam qui. Sed quas assumenda et sapiente aut. Dolore debitis cupiditate quisquam doloremque eos. Officiis quasi magnam debitis incidunt et blanditiis distinctio fugiat.

  • Sis******gita

    Qui non molestiae sunt in. Consequatur vel tempore qui ex sequi nihil. Qui et nam vitae modi repudiandae. Architecto voluptatum et sint molestiae quisquam unde tempora.

  • Sis******gita

    Magnam temporibus expedita nihil libero consequatur. Fugiat culpa doloremque inventore. Culpa explicabo quo placeat ab voluptas. Eum sed iusto ut quidem perspiciatis consequatur.