Sukses

Cara Menambah Tinggi Badan

22 Mar 2019, 08:07 WIB
Pria, 40 tahun.

selamat siang dokter sy mempunyai putri umur 13 tahun tinggi skrng 156,5 cm. tinggi ayah 164 cm dan ibu 158 cm. aktivitas harian anak sy adalah renang dan sudah menjurus latihan nya utk persiapkan atlit. konsumsi suplemen yg sudah dilakukan yaitu susu protein, kalsium susu tablet, zinc dan glucosamine. kalo dari perhitungan tinggi maks utk anak sy yaitu 163 cm. 1. apakah dengan umur dan tinggi skrng ini bisa mencapai tinggi maksimal pada umur 18 tahun? 2. bisakah lebih tinggi dari 163 cm kalo melihat aktivitas dan suplemen nya? 3. kalo bisa, apalg yg bisa dilakukan utk mencapai tinggi tersebut Mohon saran dan arahan terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Cara Menambah Tinggi Badan melalui fitur Tanya Dokter

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Perlu diketahui terlebih dulu bahwa tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti genetik (keturunan), kecukupan gizi, dan stimulasi lingkungan.

Penambahan tinggi badan dapat dilakukan selama lempeng pertumbuhan yang terdapat di tulang panjang masih terbuka. Lempeng tersebut terbuka pada saat pubertas dan akan menutup pada usia 20-21 tahun.

Faktor genetik yang berperan yaitu tinggi badan ayah dan ibu. Anda dapat memperkirakan potensi genetik tinggi Anda melalui rumus ini:

Anak laki-laki= (Tinggi Ibu + 13) + Tinggi Ayah (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cmAnak perempuan = (Tinggi Ayah - 13) + Tinggi Ibu (dalam cm) dibagi 2 ± 8,5 cmFaktor genetik tidak bisa diubah tetapi bisa dioptimalkan, agar tinggi badan berada di batas atas potensi genetik Anda. Cara mengoptimalkannya yaitu dengan konsumsi gizi yang cukup dan seimbang serta stimulasi lingkungan seperti berolahraga.

Gizi yang paling utama untuk pertambahan panjang tulang dan menunjang pertumbuhan yang optimal yaitu protein, kalsium, vitamin D, dan fosfor. Kandungan gizi ini bisa didapat dari sumber protein hewani seperti daging merah, ayam, ikan, seafood, dan putih telur. Bisa juga dari sumber protein nabati seperti tahu tempe dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang merah, kacang hijau, lentil, dan yang lainya. Bila gizi Anda bisa dicukupkan melalui makanan-makanan ini, Anda tidak memerlukan suplemen.

Stimulasi dari lingkungan seperti olahraga juga diperlukan agar tulang 'terpicu' untuk tumbuh. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Olahraga seperti renang pun bisa menambah tinggi badan seseorang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Cara Menambah Tinggi Badan. Semoga bermanfaat.

38 Komentar

  • Nad******a

    Quas aspernatur ipsum non labore est. Numquam ea laboriosam ipsam. Maiores suscipit voluptate eligendi eum eligendi dignissimos praesentium dolorum. Dolor officiis quasi quas ratione praesentium.

  • Nad******a

    Veniam ab dignissimos ut quod alias dolorem hic molestias. Animi quas provident dolor magnam minima nulla sunt amet. Ut eos porro eos ut dolor.

  • Nad******a

    Quia quisquam sequi esse rerum est officiis distinctio. Beatae aliquam dolorem quaerat quod velit natus. In dolorem sunt non cum ut.