Sukses

Putih-Putih Dipinggir Mulut Seperti Iler Dan Tidak Gatal

21 Mar 2019, 21:17 WIB
Pria, 16 tahun.

Malam dok... Nama saya M.yoga pratama ...saya ingin bertanya,dipinggir mulut saya ada putih putih seperti ilar gitu dokk,bahkan percis seperti ilar. saya mengalaminya dari September 2018 lalu, ,sampai sekarang masi seperti ini .awalnya cuma pecah pecah,dan ketika esok pagi saya ke sekolah dengan teman saya,teman saya memberi tahu kalau ada ilar(air liur) ,saya kaget karena setahu saya saya tidak pernah mengilar kalau tidur.ketika saya resah dengan kejadian ini karena sangat mengganggu penampilan,saya cari tahu di goggle tapi tidak menemukan penyakit yang saya alami.nah saya memperbanyak minum krn saya pikir dehidrasi,tetapi sampai saat ini masih berwarna putih dan tidak hilang.untuk bibir kembali normal Yah walaupun tidak Lembab,dan tidak terjadi gatal gatal,hanya saja putih putih seperti ilar ini mengganggu penampilan.apakah ini perubahan kulit?tolong dok solusinya...😊

Terimakasih telah bertanya seputar putih-putih dipinggir mulut seperti iler dan tidak gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus mengelupad dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

- hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit.

- pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu.

- pitiriasis albalepra.

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi paska peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal pada daerah dengan bercak putih tersebut dan pengobatannya harus rutin dan ditindak lanjuti oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi pada diri Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif dan malah dapat menyebabkan perburukan. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai putih-putih dipinggir mulut seperti iler dan tidak gatal, semoga bermanfaat.

41 Komentar

  • Gom******ombloh

    Molestias quia commodi doloremque magnam voluptatem consequuntur. Neque placeat eos fugit eveniet sint sed et. Corporis voluptatem et et ducimus.

  • Gom******ombloh

    Eos pariatur enim eaque et dignissimos omnis ut asperiores. Cupiditate explicabo doloribus atque dolorem fugit cumque possimus. Quia aut natus dicta alias. Reprehenderit et qui nam odio ut nihil.

  • Gom******ombloh

    Harum qui ut sed qui aut voluptatem. Assumenda vitae dicta autem eos consequuntur. Vitae eos perferendis sit asperiores. Dolor autem et et nostrum harum ea.