Sukses

Penyakit Meniere

21 Mar 2019, 21:26 WIB
Wanita, 20 tahun.

Hello doc, saya berapa hari ini asyik pikir pasal penyakit saya ini. Bergini 6 March saya pergi ke pakar THT karna telinga sy seperti tersumbat disebelah kiri. Sy beritau doctor telinga sy terasa tersumbat angin dan setelah di check ditanya berapa soalan doctor bilang sy punya penyakit meniere dan disuruh mkn obat betahistine. Sejak sy mkn obat betahistine itu telinga sy ada kurangnya tapi masih terasa seperti tersumbat dan vertigo jgk ngak ada sehingga sekrg (sy pernah megalami vertigo sekali saja sebelum sy pergi jumpa doctor THT setelah itu ngak ada). Jadi sy jadi ragu2 benarkah sy punya penyakit meniere karna sy ngak ada symptoms lain kecuali telinga terasa tersumbat lalu sejak 2hari ini kepala sy sakit desebelah kiri bahagian belakang. Sakit seperti berdenyut gitu dan sakit nya bukan selalu hanya kadang-kala aja. Lalu sy perasan pinggang sebelah kiri sy sakit setiap kali bagun pagi. Sy kuatir pikirin penyakit apa sy ni doc. Buat masa skrg mau ke rumah sakit sy ngak bisa skrg karna ada masalah sedikit. Jadi sy mau nanya doc kira2 doctor tau ngak kenapa. Adakah ada kaitan dengan penyakit meniere?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Telinga terasa tersumbat atau telinga penuh memang salah satu gejala dari penyakit meniere. Namun, untuk lebih lanjut mendiagnosis apakah Anda benar-benar terkena penyakit meniere atau tidak, diperlukan wawancara dan pemeriksaan yang cukup mendalam. Sulit bagi kami untuk menentukan apakah Anda benar-benar terkena penyakit meniere atau tidak hanya dari satu gejala. Berikut kami jelaskan lebih lanjut seputar penyakit meniere:

Pengertian

Penyakit Meniere adalah penyakit kronis yang terjadi pada telinga bagian dalam yang dapat memicu vertigo atau sensasi berputar pada penderitanya. Penderita penyakit ini dapat mengalami gangguan terkait dengan fungsi telinga bagian dalam, seperti gangguan pendengaran dan keseimbangan. Penderita juga sering mengalami perasaan penuh atau tekanan pada telinga.

Gangguan telinga ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Meski demikian, orang-orang yang berusia 20–50an tahun lebih rentan terserang penyakit Meniere.

Penyebab

Penyebab pasti dari penyakit Meniere masih tidak diketahui. Namun penyakit ini sering dihubungkan dengan gangguan tekanan pada telinga bagian dalam. Risiko akan meningkat jika penderita memiliki faktor berikut:

drainase cairan yang buruk di telinga Anda

gangguan sistem kekebalan tubuh

alergi

infeksi virus, seperti meningitis

riwayat keluarga penyakit Meniere

cedera kepala

migrain

Gejala

Gejala penyakit Meniere biasanya muncul sebagai serangan. Penderita biasanya tidak mengalami gejala di antara serangan. Gejala meliputi:

vertigo atau pusing dapat terjadi selama beberapa menit hingga 24 jam

kehilangan pendengaran pada telinga yang terserang

tinnitus atau suara berdering pada telinga yang terserang

telinga terasa penuh

kehilangan keseimbangan

sakit kepala

mual dan muntah karena vertigo

berkeringat karena vertigo

Selain telinga terasa penuh/ tersumbat, adakah gejala-gejala lain yang Anda rasakan?

Telinga terasa tersumbat memang bukan selalu disebabkan oleh penyakit meniere. Namun, bisa juga disebabkan oleh penyakit lain misalnya sumbatan serumen (kotoran telinga).

Bila Anda merasa tidak yakin dengan hasil pemeriksaan dokter THT sebelumnya, ada baiknya bila Anda meminta second opinion pada dokter THT yang lain. Dengan begitu, Anda bisa diperiksa sekali lagi dan dipastikan benar-benar, apakah terdapat penyakit meniere.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

33 Komentar

  • aznovernovemri

    Consequatur et est id culpa. Et saepe consequuntur voluptas ut. Assumenda et officia quae veritatis dolores sapiente harum.

  • aznovernovemri

    Sint est quia blanditiis rem provident nostrum nobis. Rerum ducimus sint dolorem esse dolore laboriosam. Earum ab explicabo quis numquam soluta praesentium. Asperiores dolor ex dolorum ipsum.

  • tuperi

    Eveniet quia dolorem blanditiis et et. Natus sit velit occaecati sapiente. Qui in rerum aut qui. Sit et aut est dolores corporis voluptatem quasi asperiores.