Sukses

Usia 15 Tahun Apa Gigi Yang Copot Masih Bisa Tumbuh Lagi?

21 Mar 2019, 08:24 WIB
Wanita, 15 tahun.

Hallo dok, saya okta umur 15 tahun saya mau tanya gigi yang sudah copot bisa tumbuh lagi atau tidak ya? Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya tentang usia 15 tahun apa gigi yang copot masih bisa tumbuh lagi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa Gigi manusia memiliki dua periode yaitu gigi susu dan gigi tetap.

Pada periode gigi susu, ada waktunya nanti gigi susu akan goyang semua, lalu tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal.

Sedangkan pada periode gigi tetap, dimulai pada usia 6 tahun dimana gigi tetap geraham pertama akan tumbuh. Dan pada usia 15 tahun semua gigi tetap akan tumbuh sempurna, sehingga bila gigi ada yang dicabut maka tidak akan tumbuh lagi. 

Lalu pada usia 17- 21 tahun biasanya akan muncul lagi gejala tumbuh gigi geraham bungsu. Posisinya berada di urutan paling belakang, dan tidak menggantikan gigi yang manapun. 

Apabila anda memiliki keluhan pada gigi, segera periksakan ke dokter gigi agar gigi tersebut dapat dipertahankan, karena gigi yang tanggal pada usia 15 tahun tidak akan tumbuh lagi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai usia 15 tahun apa gigi yang copot masih bisa tumbuh lagi, semoga bermanfaat.

4 Komentar

  • Ais***

    Halo dok saya mau bertanya umur saya sudah 15 tahun tapi gigi atas saya belum tanggal, apakah gigi tersebut masih bisa tanggal ketika sudah berumur 15 tahun dok?

  • Riz******zkaa

    Halo dok saya mau bertanya saya kan punya Gigi susu dan saya umur 13 th apakah gigi saya bisa tumbuh lagi mohkn dijawab

  • Yan*****

    Dok mau bertanya kan gigi susu saya belum patah sampai usia saya 15 tahun tapi gigi susinya gak mengalami pertumbuhan jadi kecil kecil aja apabila saya potong apakah muncul gigi baru lagi??