Sukses

Mata Tertusuk Kuku
21 Mar 2019, 20:24 WIB
Pria, 52 tahun.

Hi Dokter, saya mau tanya, ayah saya mata sebelah kiri tertusuk kuku dan menjadi merah. Saat dibuka katanya sakit dan buram. Saya langsung meneteskan obat mata merk Vitrolenta dan kompres air dingin. Setelah dikompres, kata ayah saya masih sakit saat dibuka dan buram, matanya juga masih merah. Kemudian, saya tutupi dengan perban. Apakah hal ini berbahaya, Dok? Apa tindakan awal lainnya yang harus saya lakukan? Terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telahbertanya mengenai mata tertusuk kuku melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Trauma mata adalah tindakan sengaja maupun tidak yang menimbulkan perlukaan mata. Trauma tumpul dapat menimbulkan perlukaan ringan yaitu penurunan penglihatan sementara sampai berat, yaitu mulai dari sekedar peradangan pada konjungtiva (lapisan pelindung mata) atau kornea,  perdarahan didalam bola mata, terlepasnya selaput jala (retina) atau sampai terputusnya saraf penglihatan sehingga menimbulkan kebutaan menetap. Hal yang penting diperhatikan adalah apakah anak Anda mengalami pandangan menjadi buram atau tidak? Apakah tampak darah di bagian dalam mata? Atau apakah hanya merah dan rasa mengganjal?

Luka karena colokan sangat dipengaruhi benda yang digunakan untuk mencolok, dan bagian mata yang mencolok. Tentu tercolok benda yang tajam akan menghasilkan efek yang berbeda dibandingkan tercolok tangan. Kondisi lain berkaitan dengan serpihan benda yang mencolok yang mungkin tertinggal di mata. Lebih baik tetap membawa ayah anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan karena sering kali anak tidak mau mengungkapkan keluhan yang di rasa. Mata merah bisa mengindikasikan peradangan pada bola mata bagian luar, ataupun bisa menjadi bagian dari gejala kondisi mata yang lebih berat. Oleh karena itu kami tetap menyarankan ayah Anda untuk memeriksakan mata ayah Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

38 Komentar

  • ajengasmoro18

    Ipsam quod et consequatur sequi natus. Unde eos ipsum aspernatur sint quia aperiam. Voluptatum quis distinctio sint nihil non. Repudiandae aut ut voluptatem doloribus autem error quae.

  • ajengasmoro18

    Delectus deserunt facilis est expedita. Sequi dolor earum est natus iste. Nostrum assumenda dolor modi ut quod.

  • ajengasmoro18

    Unde veniam perferendis est ut commodi. Dolorem eaque repellat voluptates nemo. Maxime itaque et magni quis corporis maxime esse.