Sukses

Hipertensi dalam Kehamilan

21 Mar 2019, 08:05 WIB
Wanita, 25 tahun.

Malam dok, Saya wktu itu usg karena sedang hamil 36 minggu dan tekanan darah saya 160\100 dan sama dokter langsung dibuatkan surat rujukan karena saran dokter harus disudahi saja masa kehamilannya. Sedangkan prediksi lahirnya masih tanggal 11 april nanti. Pertanyaan saya apakah bahaya jika saya tetap melanjutkan masa kehamilan saya?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya hipertensi dalam kehamilan tentu memberikan dampak buruk bagi janin, berikut dampak yang terjadi :

  • Gangguan pertumbuhan janin, Janin mengalami keterlambatan pertumbuhan akibat gangguan aliran darah janin, yang menyebabkan gangguan pasokan gizi terhadap janin. Janin dapat lahir dengan berat badan yang rendah.
  • Kematian janin di dalam kandunganJanin dapat mengalami berbagai gangguan yang menyebabkan kematian dalam kandungan akibat gangguan pembuluh darah janin.
  • Gangguan pernapasan bayiBayi yang dilahirkan oleh ibu dengan preeklamsia cenderung lebih kecil dengan organ pernapasan yang belum matang. Bayi yang lahir dengan gangguan ini memerlukan pemantauan khusus di ruang intensif neonatus.
  • Penyakit metabolik di masa depanBayi yang lahir dari ibu preeklamsia juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita berbagai penyakit (seperti diabetes dan hipertensi) saat beranjak dewasa.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar