Sukses

Mata Belekan pada Anak

21 Mar 2019, 05:21 WIB
Pria, 4 tahun.

Selamat sore dok Saya mau tanya anak saya umurnya 4thn (31 Jan) terkena sakit mata (ketularan sm bapaknya) klo pagi mata anak saya cm bengkak ky orang hbs nangis dan agak sdkt merah tp klo dia sdg tdr mlm keluar kotoran dr mata (belekan) agak banyak+keluar air mata dan agak sdkt anget suhu badannya di sktr muka terutama disktr mata kira2 obat apa yg baik untuk mata anak saya

Terima kasih telah bertanya tentang mata belekan melalui fitur Tanya Dokter.

Belekan, sebutan lain untuk kotoran mata, muncul akibat air mata yang terakumulasi selama seseorang tertidur, dan bercampur dengan debu/ kotoran. Belekan umum ditemukan pada sudut dalam mata, saat bayi bangun dari tidur. Semakin banyak jumlah debu/kotoran yang terdapat pada mata bayi, maka jumlah belekan juga relatif bertambah. 

Belekan dapat basah dan lengket, namun bisa juga kering, tergantung atas seberapa banyak air mata pada kotoran tersebut telah menguap. Sejauh jumlahnya tidak berlebihan, belekan bukan merupakan suatu kelainan atau kondisi gangguan kesehatan. Namun, ada kalanya jumlah kotoran mata sangat banyak hingga memenuhi bulu-bulu mata, terkadang sampai menyebabkan mata lengket dan sulit dibuka.

Berikut ini adalah beberapa penyebab belekan:

1. Blefaritis. Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata yang dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri stafilokokus. Gejala umum yang terjadi pada blefaritis adalah iritasi mata, benda asing di mata, belekan berlebihan, kelopak mata gatal, merah dan bengkak, dsb. Kelopak mata dapat kotor dan terdapat kotoran mata. Kotoran ini dapat menyebabkan kelopak mata lengket dan menempel pada saat malam hari. Blefaritis terjadi utamanya akibat infeksi kuman, maka penjagaan higien adalah cara pencegahan yang utama.

2. Konjungtivitis. Konjungtivitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada salah satu bagian mata yang disebut konjungtiva. Saat terjadi konjungtivitis, dapat muncul gejala mata merah, berair, gatal, banyak kotoran mata, silau dan perih. Konjungtivitis yang disebabkan oleh virus merupakan penyebab yang tersering ditemukan. Adapun konjungtivitis yang disebabkan oleh infeksi virus merupakan penyakit yang mudah sekali menular. Pencegahan dari penyakit ini adalah dengan sering mencuci tangan bila terdapat penderita konjungtivitis disekitar Anda.

3. Keratitis. Keratitis adalah kondisi terjadinya peradangan pada kornea mata. Karena dekatnya kornea dengan area terluar mata, seringkali penyakit ini juga disertai banyaknya kotoran pada mata. Gejala pada keratitis cukup mirip dengan konjungtivitis, namun umumnya terjadi pandangan kabur pada keratitis, yang tidak ditemukan pada konjungtivitis.

Sebaiknya bawa bayi Anda ke dokter anak untuk diketahui penyebab sesungguhnya dan mendapat penanganan yang tepat.

Bila kotoran mata membuat si kecil sulit membuka mata, Anda bisa menyekanya dengan kapas lembut yang dibasahi air matang. Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum membersihkan kotoran berlebihan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata belekan. Semoga bermanfaat. 

    27 Komentar

    • Mey*****

      Sunt reprehenderit cupiditate qui id delectus doloremque. Aperiam eveniet id repudiandae et dolor ducimus dolorem. Tempore quo debitis omnis in nesciunt quo. Eum dolorum eum recusandae omnis.

    • Mey*****

      Et harum cumque dolor. Tempora modi aut et a. Deleniti ipsam nobis ipsam sint autem. Recusandae magnam tempora nulla magni in. Quia necessitatibus minima quas autem et et dolorem.

    • Mey*****

      Illum voluptas molestias voluptatem est ad eum recusandae. Id maxime dolor recusandae laudantium quibusdam est at. Similique harum et qui iure qui.