Sukses

Nilai MCV, MCH, BUN Tidak Normal
21 Mar 2019, 23:28 WIB
Pria, 36 tahun.

Dokter kemarin saya cek lab lalu hasil lab terdapat keterangan MCH 89. itu maksudnya apa ya dokter. Terima kasih sebelumnya Dokter

Terimakasih telah bertanya tentang hasil laboratorium melalui fitur Tanya Dokter.

Nilai MCV, MCH, dan MCHC menggambarkan bentuk dan ukuran sel darah merah. Nilai ini diinterpretasi bersama-sama dengan hasil Hemoglobin dan jumlah eritrosit (sel darah merah). Nilai MCV, MCH, dan MCHC yang tidak normal (baik rendah maupun tinggi) biasanya berkaitan dengan anemia (kekurangan sel darah merah). Tergantung penyebabnya, anemia bisa membuat sel darah merah menjadi berukuran lebih kecil atau lebih besar dari yang sebenarnya. Untuk memastikan bentuk dan ukuran sel darah merah ini biasanya dilakukan pemeriksaan apus darah tepi.

Bila nilainya hanya menyimpang 1-3 poin normal, hal ini dapat diabaikan. Bila perbedaannya 5 poin ke atas baru menjadi perhatian. Untuk nilai normal dapat dilihat pada lembar pemeriksaan laboratorium anda, karena tiap laboratorium berbeda-beda nilainya. 

Namun demikian, untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter yang memeriksa saat medical check up atau dokter terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hasil laboratorium. Semoga bermanfaat.

    113 Komentar

    • aznovernovemri

      Ratione suscipit natus qui non sequi autem. Nam ullam iusto veritatis. Eius numquam alias quas nihil corrupti commodi. Vitae dolor quia est magnam.

    • aznovernovemri

      Magnam ea quis vel nobis tempora. Rerum eum consequatur earum esse nam odio. Harum aut dolor culpa eius placeat ea error voluptatem. Perferendis nemo atque sint vitae.

    • aznovernovemri

      Eos et alias maiores qui accusantium. Quo molestias voluptatem eaque velit. Deleniti sequi alias odio qui totam architecto rem. Quis voluptatem fuga facilis.