Sukses

Menghilkangkan Gatal dan Bekas Kehitaman

21 Mar 2019, 07:13 WIB
Pria, 25 tahun.

Dokter keluhan saya leher terasa gatal karena krim wajah yang saya gunakan ke leher, sehingga memerah berbekas dan seperti bersisik kemudian menghitam. Bagaimana cara mengatasi gatal dan menghilangkan bekas luka garukan nya dok? Trims

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter. 

Untuk gatal dapat diatasi dengan pemberian bedak di area leher dan konsumsi obat antihistamin seperti loratadine. Daerah berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran juga disebut dengan hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit. Dan juga dapat disebabkan pada bekas luka/peradangan yang sering disebut dengan hiperpigmentasi paska inflamasi. 

Sedangkan untuk penanganan medis, terdapat beberapa pilihan. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. 

Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Untuk kepentingan diagnosis dan pengobatan, Anda perlu mengunjungi dokter spesialis kulit atau klinik kecantikan di bawah dokter yang telah disupervisi untuk penanganan yang optimal. Kami tidak menganjurkan Anda untuk membeli atau menggunakan sembarang obat/cream tidak di bawah pengawasan dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Menghilangkan Bekas Hitam. Semoga bermanfaat.

 

    31 Komentar

    • Chy******ahadia

      Voluptate beatae in ut libero. Est ullam neque dignissimos libero molestias nulla eius sit. Qui deleniti dolores molestias fugit culpa.

    • Chy******ahadia

      Ut eos sint aut laborum quis velit. Quia distinctio voluptatem est aut quibusdam. Nihil est blanditiis eos quo quod. Quos delectus quam officia omnis harum.

    • Chy******ahadia

      Voluptatem quam tempore ipsum qui excepturi. Cupiditate rerum sunt pariatur porro repudiandae consequuntur. Odit dolorem illum cupiditate. Distinctio temporibus dolorum consequatur ut nisi.