Sukses

Penyebab Benjolan Ketiak
20 Mar 2019, 14:06 WIB
Pria, 35 tahun.

Dok sy baru saja melahirkan anak sy yg ke 3 melalui secar sekaligus sy melakukan steril. Setelah 2 hari melahirkan ada benjolan di ketiak sy sebelah kanan n kiri, padahal pada waktu melahirkan anak 1 dan 2 gda muncul benjolan dok. kira2 itu berbahaya tidak ya dok? terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar Penyebab Benjolan Ketiak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab tersering timbulnya benjolan di daerah ketiak adalah akibat adanya pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Melihat penjelasan Anda tentang riwayat penyakit Anda, ada kemunginan benjolan ini merupakan pembesaran KGB. Pembesaran KGB ini dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah limfadenopati. KGB sendiri adalah salah satu komponen pertahanan tubuh, yang akan membesar bila ada serangan kuman dari luar, misalnya akibat adanya proses infeksi dari organ-organ disekitarnya ataupun adanya infeksi sistemik dalam tubuh. Kebanyakan pembesaran kelenjar getah bening tidak berbahaya (jinak) dan hanya sebagian kecil dari pembesaran yang tidak dapat dijelaskan sebabnya merupakan keganasan (kanker). Pembesaran kelenjar getah bening ini dapat berbahaya bila dikuti dengan tanda-tanda keganasan seperti berat badan turun, benjolan bertambah besar dengan cepat, penyebaran kanker dari tempat lain, umur lebih dari 50 tahun dan adanya riwayat keganasan dalam keluarga.

Dapat juga benjolan Anda tersebut merupakan peradangan kelenjar keringat ataupun kelenjar limfe. Bagaimanapun, yang saya kemukakan hanyalah dugaan yang masih perlu dipastikan kembali.

Untuk memastikan penyebab timbulnya benjolan pada ketiak Anda, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah bila benjolan teraba keras dan melekat, apalagi bila nyeri terus menerus. Kemungkinan dokter akan melakukan biopsi (pengambilan jaringan) pada benjolan tersebut untuk diperiksa dibawah mikroskop guna mengetahui jenis sel-sel yang terdapat pada benjolan tersebut. Dengan melakukan pemeriksaan tersebut, dokter dapat mengetahui mengetahui penyebab pastinya sehingga dokter dapat memberikan pengobatan yang tepat sedini mungkin.

Demikian informasi seputar Penyebab Benjolan Ketiak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

14 Komentar

  • ayurn05

    Aliquid tempora enim iure est facilis qui. Autem dolores laborum laboriosam error ut eveniet rerum. Sit quam architecto ab nulla. Officiis aut nihil est accusantium consequuntur delectus.

  • ayurn05

    Consequatur et explicabo illo ea exercitationem qui fugit. Doloremque et maiores neque excepturi. Nesciunt velit consequuntur expedita asperiores ipsum inventore rem.

  • ayurn05

    Amet dolor officiis labore consequuntur. Minima similique voluptatem molestiae officiis rerum. Officia dolorem est at nam.