Sukses

15 Tahun Apa Masih Bisa Tumbuh Gigi Geraham Lagi Bila Dicabut

20 Mar 2019, 14:22 WIB
Pria, 15 tahun.

Dok saya masih berumur 15 tahun, kelas 1SMK tetapi gigi geraham saya sudah patah bahkan geraham kiri sudah lepas seutuhnya. Apakah masih bisa tumbuh lagi dok?

Terimakasih telah bertanya tentang 15 tahun apa masih bisa tumbuh gigi baru jika geraham dicabut melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan bahwa Gigi manusia memiliki dua periode yaitu gigi susu dan gigi tetap.

Pada periode gigi susu, ada waktunya nanti gigi susu akan goyang semua, lalu tanggal dan akan digantikan oleh gigi permanen. Pada usia 6-12 tahun, anak sedang berada pada periode gigi bercampur yaitu sudah ada gigi permanen yang tumbuh namun masih ada gigi susu yang belum tanggal.

Sedangkan pada periode gigi tetap, dimulai pada usia 6 tahun dimana gigi tetap geraham pertama akan tumbuh. Jika gigi geraham ini dicabut pada usia 15 tahun maka tidak akan tumbuh lagi. 

Tapi pada usia 17- 21 tahun biasanya akan muncul lagi gejala tumbuh gigi geraham bungsu. Posisinya berada di urutan paling belakang, dan tidak menggantikan gigi yang manapun. Bila gigi bungsu ini dicabut, maka tidak bisa tumbuh lagi begitu juga dengan gigi geraham lainnya. 

Segera lakukan perawatan pada gigi yang patah agar bisa dipertahankan sehingga tidak perlu dicabut, karena gigi geraham tidak akan tumbuh lagi.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai 15 tahun apa masih bisa tumbuh gigi baru jika geraham dicabut, semoga bermanfaat.

84 Komentar

  • den*****

    Et est excepturi aut quasi. Aspernatur temporibus non quos nihil dolores. Sit inventore quia velit harum et voluptatum. Est perspiciatis dolore odit esse aut sint veniam.

  • den*****

    Velit accusamus delectus et voluptatum autem. Ut qui ab et qui. Quidem dolorem officia sit quasi. Beatae deleniti quas labore fugit dolorem ea similique quibusdam.

  • den*****

    Minima voluptatem et optio. Et hic in et voluptatem consectetur sunt. Est nihil alias enim commodi. Deleniti et sed corrupti sit.