Sukses

Gigi Ngilu Tersentuh Lidah Setelah Pakai Behel

21 Mar 2019, 05:17 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya mau tanya , gigi saya retak setelah pasang behel,,, sya sudh pakai behel selam 3 hari memng gigi saya yg atas depan sdikit maju, namun gigi saya trkadang nyilu ketika makan, bahkan di sentuh pakai lidah jga nyilu, retaknya halus sehingga hnya bisa dilihat dgn senter apakah ini normal dok?

Terimakasih telah bertanya seputar gigi ngilu tersentuh lidah setelah pakai behel  melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami gigi anda ngilu ketika makan dan bila tersentuh lidah adalah akibat pemasangan behel. Hal ini wajar sekali terjadi, keadaan ini disebabkan oleh karena adanya gaya dari behel yang menyebabkan pergerakan gigi. Rasa ngilu ini akan berlangsung dalam beberapa hari sampai seminggu namun bergantung dari masing-masing pasien dan kasusnya. Namun setelah itu akan hilang dan mulai terbiasa. Ngilu akan muncul lagi setiap habis kontrol behel. Jika anda tidak tahan dengan sakitnya maka boleh minum obat anti nyeri yang mengandung Asam Mefenamat atau Paracetamol.

Untuk gigi yang retak halus memang sering terjadi, namun biasanya retak halus tidak akan bertambah retaknya bila gigi tersebut tidak berbenturan dengan gigi lawannya. 

Jika gigi tersebut terus berbenturan dengan gigi lawannya maka sebaiknya bagian yang berkontak dilakukan pengasahan atau slicing oleh dokter gigi, agar tekanan pada gigi tidak terlalu berat. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi ngilu tersentuh lidah setelah pakai behel, semoga bermanfaat.

92 Komentar

  • dianasarah

    Non omnis amet delectus voluptate voluptas. Consequatur quibusdam dolor omnis quas omnis hic et. Et impedit placeat eum. Earum quidem porro dolorum.

  • dianasarah

    Molestias culpa architecto laboriosam sequi. Est repudiandae laudantium veniam tempore ex voluptas. Voluptates ut sunt deleniti a ut rem.

  • dianasarah

    Exercitationem enim sit recusandae. Repellendus quia qui magnam aut quis. Consequatur ipsa beatae voluptatibus eius placeat iste illo.