Sukses

Mata Merah
20 Mar 2019, 15:09 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau tanya nih, mata saya kan pertamanya merah tuh, sama rasanya kayak ada yang ganjel sakit gitu, lalu aku konsult ke apotik trus dikasih cendo xetrol. Lalu aku pakai, stlh itu sembuh dok, tapi itu harus digunakan secara rutin, apabila tidak, mataku kmbali merah lagi, itupun ku lakukan sampai cendo xetrolku hampir habis. Stlh itu aku konsult lagi ke apotik, lalu dikasih beberapa obat & tetes cendo asthenof dok, dan aku sudah pakai cendo asthenof itu 4 hari an, tapi kk masih merah aja ya dok? Mohon penjelasannya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih telah bertanya seputar mata merah melalui fitur Tanya Dokter.

Mata merah merupakan kondisi umum yang dapat mengenai salah satu atau kedua mata. Kemerahan pada mata berasal dari pelebaran pembuluh darah di permukaan bola mata akibat alergi, iritasi atau infeksi. Bisa juga pembuluh darah pecah akibat cedera/trauma.

Sebenarnya, dalam menangani kasus Anda, sebaiknya diperiksakan dulu ke dokter mata dan tidak memberikan pengobatan sendiri. Sebab, penyebab mata merah ada bermacam-macam, dan tanpa menentukan penyebabnya, tentu pengobatannya juga bisa tidak tepat, karena tiap kondisi membutuhkan pengobatan yang berbeda-beda. Penyebabnya bermacam-macam, misalnya:

·         Alergi

·         Blefaritis (radang kelopak mata)

·         Kalazion

·         Abrasi kornea

·         Infeksi herpes pada kornea

·         Ulkus kornea

·         Mata kering akibat kurangnya produksi air mata

·         Kelainan kelopak mata (ektropion/entropion)

·         Episkleritis, radang selaput sklera (bagian yang putih dari mata)

·         Iritasi akibat tetes mata

·         Benda asing pada mata

·         Glaukoma

·         Trauma pada mata

·         Iritis (radang pada iris, pigmen mata)

·         Keratitis (peradangan pada kornea)

·         Konjungtivitis

·         Skleirits

·         Perdarahan subkonjungtiva (pecah pembuluh darah mata)

·         Uveitis (peradangan pada bagian tengah mata)

Yang perlu diperhatikan adalah apakah keluhan mata merah tersebut disertai nyeri, mata berair, rasa gatal, rasa mengganjal di mata, atau ketajaman penglihatan menjadi berkurang. Apabila keluhan ini ada, perlu segera diobati. Apabila tidak ada, bila memang hanya karena pembuluh darah yang melebar atau pecah (tetapi minor), akan sembuh sendiri dan menghilang dalam beberapa hari.

Pengobatan dengan obat pertama yang Anda sebutkan mengandung kortikosteroid. Obat ini tidak untuk digunakan tanpa pengawasan dokter, karena pemakaian kronik dan tidak terkontrol dapat menyebabkan peningkatan tekanan bola mata. Adapun peningkatan bola mata adalah kondisi yang sangat mengancam penglihatan dan dapat menyebabkan kebutaan. Kami sarankan agar Anda tidak menggunakan obat tersebut terlalu lama.

Saran kami, sebaiknya Anda kontrol dengan dokter mata untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mata merah. Semoga bermanfaat.

 

59 Komentar

  • Yanti Hardiyanti

    Praesentium nihil neque in ut enim sunt. Aut est vel voluptatibus optio. Facilis culpa ut minus veritatis quibusdam.

  • Yanti Hardiyanti

    Eum odio alias odit impedit atque laboriosam quis nulla. Voluptates itaque magnam aut architecto voluptas. Recusandae est facilis atque et qui id. Odit est itaque vero dignissimos dolor.

  • purbasary

    Et labore non minus dolores laudantium sequi. Repellendus voluptas quibusdam exercitationem. Consectetur vel voluptatem cumque repudiandae.