Sukses

Berbaring setelah makan
19 Mar 2019, 13:08 WIB
Wanita, 17 tahun.

Permisi dok, sebelumnya saya mengajukan pertanyaan ini [Permisi dok, tadi malam saya tiduran setelah makan. Lalu td pagi saya mual muntah 2x. Setelah saya paksakan makan padahal saya tidak nafsu, saya muntah lg makanan yg saya makan td. Rasanya pusing, panas, dan lemas badan saya. Apakah saya muntah" karna tiduran stlh makan atau ada yg salah dg pencernaan saya ya dok?] Saya ingin mengkonfirmasi bahwa saya juga merasa demam, nyeri pada ulu hati, dan lidah saya terasa pahit. Selama ini pola makan saya 2x sehari namun terkadang jg 3x (sarapan, makan siang, terkadang makan malam). Sebelumnya saya pernah mengalami keluhan serupa. Apakah ada yg salah dengan pencernaan saya dok? Sebelumnya, terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar berbaring setelah makan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kebiasaan berbaring atau tertidur segera setelah makan merupakan suatu kebiasaan yang sebaiknya dihindari. Pasalnya, kebiasaan ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan tubuh.

Jika Anda langsung tidur setelah makan, makanan yang Anda konsumsi tidak akan dapat tercerna dengan baik. Terlebih lagi jika Anda sehabis mengonsumsi makanan yang berlemak. Makanan yang berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh.

Oleh karena itu sangatlah tidak dianjurkan jika Anda langsung tidur setelah makan. Hal ini juga dapat memicu terjadinya GERD atau gastroesophageal reflux disease, yaitu regurgitasi atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala GERD, antara lain:

* Menaruh ganjalan setebal 15 - 22 cm pada kaki tempat tidur di bagian kepala, agar posisi tempat diatur miring ke bawah

* Berikan rentang waktu 2 - 3 jam setelah makan sebelum berbaring / tiduran

* Berhenti merokok

* Menurunkan berat badan

* Makan makanan rendah lemak, tinggi protein

* Hindari penggunaan pakaian yang ketat

* Makan yang teratur, jangan terlambat makan. 

Mengenai demam anda kemungkinan terdapat penyakit lain yakni akibat infeksi virus maupun bakteri. Jika berlangsung terus-menerus, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan darah.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai berbaring setelah makan. Semoga bermanfaat. Salam

14 Komentar

  • Chyntia Rahadia

    Repudiandae harum est hic cum provident qui. Ipsam ut et autem autem dolore. Non aperiam rerum provident dignissimos ex.

  • Chyntia Rahadia

    Ullam ut officia saepe distinctio enim ipsum blanditiis. Non qui dolor incidunt et ea quis odio. Et est quia suscipit quasi libero quaerat ut.

  • Chyntia Rahadia

    Dicta quae in ad vitae ut. Quia maxime dolor dolores et. Voluptates a quas molestiae voluptas quo id tempore.