Sukses

Pusing terutama ketika nunduk
19 Mar 2019, 09:17 WIB
Pria, 20 tahun.

Waktu itu saya sakit batuk pilek demam, cuma batuknya ga sembuh2 sekitar 2 minggu. Saat batuk sembuh, muncul lah pilek yang membuat saya sering sekali batuk tiap saat. Semenjak sakit batuk tsb, saya sering pusing terutama ketika nunduk, rasanya aliran darah menggumpal. Jadi kalo pusing saya harus diam dulu sejenak sambil merem, soalnya pusing bgt rasanya kepala miring gt jadi saya bener-bener gakuat nahan sakitnya. Itu kenapa ya, Dok?

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Sakit kepala atau sensasi pusing yang sering dirasakan saat Anda menunduk sering kali terkait dengan penyakit sinusitis atau gangguan vestibular pada telinga.

Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Fungsi dari sinus adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung, untuk selanjutnya dialirkan ke belakang, ke arah tenggorokan untuk ditelan ke saluran pencernaan. Semua keadaan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran lendir dari sinus ke rongga hidung akan menyebabkan terjadinya sinusitis.

Sinusitis berarti adanya peradangan pada rongga sinus yang berada di tulang-tulang wajah. Peradangan pada sinus dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau noninfeksi (alergi) yang dapat menutup lubang sinus.

Salah satu gejala dari sinusitis adalah sakit kepala. Dan nyeri sakit kepala akibat sinusitis mempunyai ciri sebagai berikut:

Nyeri yang dirasakan konstan.Nyeri berdenyut di area wajah (sekitar mata, dahi dan pipi).Nyeri yang terjadi di satu sisi kepala.Nyeri hebat pada pagi hari dan mereda pada siang hari.Nyeri semakin hebat dirasakan saat kepala ditundukkan.Nyeri dirasakan saat terjadi perubahan suhu, misalnya dari udara dingin ke panas atau sebaliknya.Gejala nyeri sakit kepala sinusitis sering kali sama dengan sakit kepala migrain dan tension-type headache. Namun, yang membedakannya adalah sakit kepala sinusitis disertai gejala penyerta, seperti demam dan adanya lendir berwarna hijau atau kuning yang berasal dari hidung.

Untuk itu, diperlukan pemeriksaan berupa rontgen wajah atau CT Scan. Kami juga menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter THT untuk hal ini. Sementara itu, untuk mengurangi sakit, Anda dapat mengonsumsi parasetamol atau ibuprofen.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar