Sukses

Metronidazole Untuk Ibu Menyusui
19 Mar 2019, 07:30 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok amankah obat metronidazole buat menyusui dok.?dan obat keputihan apa dok yang bagus buat ibu menyusui tpi saya pernah nge labotarium hasilnya gada penyakit apapun dok

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Obat-obatan umumnya terserap di dalam ASI, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Walaupun ada sebagian obat yang dapat menimbulkan efek samping bagi bayi meskipun dalam dosis yang sangat rendah, namun kasus seperti ini sangat jarang. 

Mengapa sebagian besar obat hanya terserap dalam kadar yang sangat rendah dalam ASI? Karena apa yang masuk atau terserap di dalam ASI sangat tergantung pada kadar yang terbawa di dalam darah ibu, dan hal ini biasanya terukur dalam mikro- atau bahkan nano-gram per mililiter (sepersejuta atau sepersemilyar dari satu gram), jika ibu mengkonsumsi obat dalam dosis miligram (seperseribu dari gram) atau bahkan gram.

Lebih jauh lagi, tidak seluruh obat yang ada di dalam darah ibu akan masuk/terserap di dalam ASI. Hanya obat-obatan yang tidak terikat dengan protein dalam darah ibu yang dapat terserap oleh ASI. Banyak obat yang hampir seluruhnya terikat dengan protein dalam darah ibu. 

Mengenai pertanyaan Anda mengenai metronidazole, obat itu aman untuk ibu menyusui. Beberapa obat terlalu besar untuk bisa masuk ke dalam ASI adalah heparin, interferon, insulin, infliximab (Remicade), etanercept (Enbrel).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

49 Komentar

  • iga oka

    Sequi necessitatibus quo sed distinctio rerum. Et reprehenderit autem quia consequatur et et fuga. Perferendis quod quaerat consequatur vitae rerum tempore.

  • iga oka

    Impedit earum maiores qui dolorem voluptatibus tempora perferendis. Atque est quas placeat deleniti in. Modi ad autem est omnis voluptatem possimus.

  • iga oka

    Sunt quam delectus et cupiditate. Porro doloremque assumenda sed voluptatem ut qui. Necessitatibus labore corporis cum. Voluptas consequatur reiciendis sunt ab.