Sukses

Gigi Terasa Ngilu

21 Mar 2019, 06:21 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, saya mau konsultasi masalah gigi saya yang ngilu berminggu-minggu, tapi gigi saya bagian dalam kanan tidak berlubang,udah konsumsi obat cataflam namun reaksinya sebentar dan besok2nya ngilu lagi, dosis ditingkatkan tetap sama juga,ganti pasta gigi khusus gigi sensitif rasa ngilu masih sama, ketika konsumsi makanan/minuman manis, panas dan es. rasa ngilu ini dimulai sejak baru pertama kali menggunakan lesterin. Kira2 dokter memiliki saran untuk masalah gigi saya yang ngilu?

Terima kasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami keadaan yang anda alami. Penyebab umum dari ngilu gigi / gigi sensitif adalah gusi yang resesi/turun, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Selain hal ini pola makan yang banyak mengandung asam juga dapat merusak permukaan gigi yang kemudian menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera. Mengatasi gigi sensitif ini dapat dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif, tetapi bila keadaan masih berlanjut maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi guna mendapatkan terapi yang diperlukan. Bila Anda merasa gigi sensitif ini timbul karena penggunaan obat kumur tersebut, sebaiknya segera dihentikan, kemungkinan Anda alergi dengan salah satu bahan yang terdapat dalam obat kumur tersebut.

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

130 Komentar

  • Abd Mtq Hendra

    Deserunt qui expedita consectetur aut earum et doloribus. Quo velit consectetur temporibus eligendi voluptate rerum explicabo illum. Minima nam dolores suscipit.

  • Rizki Badrun Alaenah

    Dolores provident totam qui libero soluta ipsa nobis. Non amet fugiat alias culpa doloribus totam recusandae voluptatem. Incidunt similique eos in rerum reiciendis repellendus.

  • Rizki Badrun Alaenah

    Est et quisquam facere aut ipsum corporis laborum. Omnis repellat omnis et reiciendis ut est delectus numquam. Debitis aut omnis placeat sint voluptatem dicta autem.