Sukses

Kulit keriput usia muda dan berat badan sulit naik
17 Mar 2019, 20:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya umur 23 thun saya kuat makan tpi berat badanku tdk bertmbh malam berkurang dan kenapa kulit ku terlihat keriput apa lagi bagian tangan dan wajah. Urat tangan ku juga muncul seperti nenek".

Terima kasih telah bertanya seputar kulit keriput usia muda dan berat badan sulit naik menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah orang tua maupun saudara anda mengalami keluhan yang serupa, dulu maupun saat ini?

Proses penuaan merupakan proses yang alami dan akan terus terjadi pada setiap manusia. Proses penuaan tidak dapat dihentikan namun dapat diperlambat. Ada banyak faktor yang dapat membuat kulit dan wajah tampak lebih tua daripada usianya. Struktur tulang wajah yang tegas juga dapat membuat wajah tampak lebih tua. Faktor lain yang dapat menyebabkan penuaan dini diantaranya: genetik/keturunan, stres, alkohol, rokok, asupan nutrisi buruk (kurang sayur dan buah), sering terpapar sinar matahari dan polusi.

Proses penuaan dapat diperlambat dengan menerapkan gaya hidup sehat, yaitu:

  • Mengurangi stressKonsumsi lebih banyak buah dan sayur yang kaya anti-oksidan
  • Istirahat cukup, tidur minimal 7-8 jam/hari
  • Olahraga teratur, 3-4x/minggu minimal 30 menit
  • Kurangi konsumsi gula
  • Hindari alkohol, rokok, narkoba
  • Hindari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunscreen/sunblock setiap hari

Selain itu, untuk perawatan wajah, Anda dapat menggunakan krim retinoic acid/tretinoin, mulai dengan dosis terendah (0,25%). Retinoid acid dapat mencegah keriput dan memeperbaiki garis-garis kulit di wajah dengan cara memicu pembentukan kolagen. Krim retinoic acid digunakan hanya pada malam hari, oleskan 1-2 jam sebelum tidur untuk memberikan waktu kepada kulit menyerap obat tersebut dan menghindari krim menempel pada bantal. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih dan pelembab pada pagi harinya untuk mengurangi efek samping sinar uv yang dapat mempercepat penuaan kulit dan menjaga kelembaban kulit.

Jika anda khawatir, kami sarankan anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin agar dapat mengetahui kondisi kulit yang sedang anda alami.

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. 

Jadi terkait pertanyaan Anda, tergantung penyebabnya, jika memang dari keturunan maka akan sulit bertambah karena metabolisme tubuh yang cepat. 

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kulit keriput usia muda dan berat badan sulit naik. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar