Sukses

Kaku dan bunyi pada sendi di pagi hari
17 Mar 2019, 20:48 WIB
Pria, 22 tahun.

Permisi dok, saya mau tanya, setiap bangun pagi badan saya selalu bunyi "krek", bisa di pergelangan kaki, tangan, lutut, bahu dan jari-jari dok, dan juga pergerakan saya juga agak terbatas ditangan jika saya angkat tangannya, kira-kira saya sakit apa ya dok? dan bagaimana menyembuhkannya? Terima Kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar kaku dan bunyi pada sendi di pagi hari menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah tangan yang terbatas gerakannya terjadi setiap pagi? Atau sempat dipicu oleh anda sendiri seperti menekuk sendi-sendi tersebut? Ada beberapa kemungkinan yang dapat anda alami, seperti: 

Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap, suatu sinovitis proliferatifakronik non spesifik. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Penyakit rheumatoid arthritis tidak dapat disembuhkan.  Tujuan dari pengobatan adalah mengurangi peradangan sendi untuk mengurangi nyeri dan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi. Secara umum pengobatan yang dapat dilakukan adalah pemberian obat-obatan dan operasi. 

Namun, jika kondisi dipicu oleh anda sendiri dengan menekuk sendi-sendi tersebut, contohnya knuckle popping, sendi anda berbunyi akibat meningkatnya ruang pada sendi jari, yang menyebabkan gelembung gas dalam cairan sendi meletus. Hal ini sama seperti meniup balon, meregangkannya hingga balon meletus. Hal ini tidak berbahaya, walaupun pada beberapa kasus terdapat dislokasi sendi maupun cedera tendon.

Kami sarankan agar anda berkunjung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis dan terapi yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kaku dan bunyi pada sendi di pagi hari. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar