Sukses

Hasil appendicogram
17 Mar 2019, 20:48 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat siang dokter. Saya mau bertanya. Kemarin kk saya periksa Appendicogram. Hasil labnya bertuliskan. Appendikogram Tampak kontras mengisi bagian distal ileum, caecum dan kolon ascenden. Kontras tidak tampak mengisi appendix (non filling appendix) Kesan : Non filling accendix masih mungkin gambaran appendicitis. Itu mksdnya apa ya dokter, tolong dijelaskan. Soalnya saya tdk mengerti bahasa kedokteran. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar hasil appendicogram menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pada appendicogram dengan keterangan non-filling appendix, berarti kontras atau cairan yang dikonsumsi sebelum dilakukan appendicogram, tidak mengisi appendix atau usus buntu, sedangkan bagian usus lainnya terisi. Hal ini berarti bahwa cairan kontras tidak dapat masuk ke dalam usus buntu akibat terjadinya peradangan, atau disebut appendicitis. Jika gejala klinis memang mendukung dan dokter bedah setuju dengan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang ini, maka yang akan dilakukan adalah appendektomi atau pengambilan usus bantu lewat operasi.

Pemeriksaan appendicogram sudah mulai ditinggalkan di luar negeri namun masih dilakukan di banyak daerah di Indonesia dimana tidak terdapat fasilitas CT scan. Kriteria yang dikeluarkan American College of Radiology mengkategorikan appendicogram dengan rating 2: usually not appropriate.[3] Rekomendasi serupa juga dikeluarkan oleh European Association of Endosscopic Surgery (EAES) yang tidak lagi menyarankan penggunaan pemeriksaan ini dan menyarankan penggunaan ultrasonografi sebagai diagnosis lini pertama dan CT Scan dengan kontras atau MRI, terutama pada pasien obesitas. Maka dari itu, dituliskan bahwa "masih mungkin gambaran appendicitis"

Konfirmasikan hasil appendicogram dengan dokter bedah yang menangani kakak anda untuk diagnosis tegaknya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hasil appendicogram. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar