Sukses

Usia kandungan
17 Mar 2019, 12:52 WIB
Pria, 32 tahun.

Perkenalkan dok saya putra, Saya seorang karyawan yang bekerja di sebuah contractor, selama 6 bulan saya tugas di papua tepatnya di Timika. Pada tanggal 11 february 2018, pagi saya balik ke jkt dari timika dan malamnya saya sampai rumah. Pada malam itu juga saya berhubungan badan dengan istri saya. Dan yang ingin saya tanyakan pada tgl 5 desember 2018 hasil tespack positif hamil, pada tgl 8 desember 2018 saya dan istri periksa ke dokter kandungan pada waktu itu usia kandungan 5 minggu. Terkahir tgl 8 maret 2019 usia kandungan sudah 18 minggu. Yang ingin saya tanyakan apakah wajar saat pertama datang dari timika tgl 11 november 2018 kemudian berhubungan intim dan tgl 8 maret 2019 umur kandungan sudah 18 minggu? Jawaban dari dokter sangat saya tunggu untuk menyakinkan saya dok.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Sebenarnya saat ini untuk menghitung usia kehamilan lazimnya menggunakan 2 cara, yaitu:

  • Perhitungan HPHT: melalui perhitungan manual dengan hari pertama haid terakhir (HPHT) dan perhitungan melalui Pemeriksaan USG janin. Perhitungan melalui HPHT hanya dapat dipercaya apabila siklus menstruasi istri Anda teratur dalam 6 siklus terakhir. Apakah siklus haid istri Anda teratur?
  • Pemeriksaan USG: metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama haid terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dapat dipercaya. Meski demikian, perlu diingat bahwa hasil tersebut pun memiliki kemungkinan kesalahan (meski tidak terlalu besar), mengingat sifatnya yang operator-dependen (bergantung pada operator/pemeriksa).

Nah, mengenai usia janin yang Anda tanyakan ialah dihitung dari terjadinya ovulasi (pembuahan) yaitu kurang lebih 2 minggu setelah HPHT. Karena itulah usia janin adalah usia kehamilan dikurangi 2 minggu.Hal ini hanya perkiraan saja karena sebetulnya mengetahui usia kehamilan berdasarkan pembuahan sulit ditentukan karena tidak ada yang tahu pasti kapan tepatnya pembuahan terjadi kecuali pada orang yang melakukan program bayi tabung karena dokter dan pasien dapat mengetahui pasti kapan sel telur dibuahi sperma. Kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar