Sukses

Mengetahui Penyebab Keracunan Makanan
16 Mar 2019, 09:32 WIB
Pria, 20 tahun.

Apa kabar dok, Saya mau nanya nih, misalnya saya rentan waktu 12 jam saya makan sebanyak 2 kali nih, teus mengalami sakit dan bagaimana saya tau makanan mana yg pertama atau kedua menyebabkan penyakit. Apakah ada rentan waktu setelah makan yg berefek pada tubuh? Dan setelahnya makan itu tidak akan berefek lagi? Terimakasih Dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda tentang gejala keracunan makanan menggunakan fitur Klikdokter

Jika Anda makan dalam rentang waktu berdekatan, dalam kasus Anda dalam waktu 12 jam, sebenarnya cukup sulit secara pasti menentukan penyebab gejala sakit yang Anda alami. Namun, menentukan penyebab keracunan makanan dapat dilakukan dengan melihat apa saja gejala yang terjadi, dan melihat apa saja yang Anda makan. Jadi bagaimana kebersihan makanan yang Anda makan, dan apa saja jenis makanan yang Anda makan? Gejala pasti dan tingkat keparahan keracunan makanan bervariasi, bergantung pada jenis bakteri, virus, dan parasit yang ada dalam tubuh Anda. Kuat atau tidaknya sistem imunitas tubuh melawan efek keracunan makanan juga berpengaruh.

Meskipun gejala keracunan bisa bervariasi, tapi kebanyakan kasus bakal mengalami gejala seperti diare, mual, dan muntah.

Jika keracunan makanan tergolong ringan, bisa jadi kondisi ini dianggap sakit perut biasa. Tanpa perawatan apa pun, biasanya kondisi ini perlahan menjadi lebih. Meski demikian, ada juga sebagian yang mengalami gejala buruk sehingga perlu dilarikan ke rumah sakit.

Kram perut, diare, lalu muntah, bisa terjadi paling cepat satu jam dan paling lambat sepuluh hari. Gejala keracunan makanan yang lebih parah antara lain:

Kembung dan selalu ingin buang angin

Demam

Nyeri otot

Badan lemas 

Mencegah keracunan makanan

Melihat kasus keracunan makanan yang kian marak, Anda harus lebih selektif dalam memilih dan memprioritaskan kebersihan makanan. Berikut ini adalah langkah untuk mencegah keracunan makanan.

Mencuci peralatan masak, dan bahan makanan.

Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang dan menyiapkan makanan.

Gunakan air mengalir dan sabun cuci piring untuk mencuci peralatan masak dan makan.

Pisahkan penyimpanan makanan mentah dengan makanan matang untuk mencegah kontaminasi silang. Kontaminasi silang adalah terkenanya makanan matang yang sudah diproses dengan baik dan benar oleh bakteri, kuman, atau virus dari peralatan makan atau benda yang tidak higienis.

Pastikan makanan yang dimasak benar-benar matang secara menyeluruh.

Buang makanan bila Anda tidak yakin makanan tersebut dipersiapkan dengan cara baik, berbau tidak sedap, dan penampakannya sudah tidak meyakinkan.Hindari membiarkan makanan terlalu lama di suhu ruangan. Jika Anda belum ingin langsung mengonsumsi makanan, simpanlah di lemari pendingin. Makanan sebaiknya paling lama 90 menit di suhu ruangan. Jika lebih dari itu, langsung simpan di lemari pendingin. Makanan yang disimpan di lemari pendingin dapat bertahan hingga dua hari.

Pastikan temperatur lemari pendingin di bawah 5 derajat Celcius.

Simpan daging di bagian terbawah freezer agar tidak mengontaminasi makanan lain.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

 

0 Komentar

Belum ada komentar