Sukses

Sering sesak napas
15 Mar 2019, 22:47 WIB
Pria, 21 tahun.

Hallo dok, saya mau nanya dok, dulu waktu SD pernah kena paru paru basah dan menjalani pengobatan 9 rurin hingga dinyatakan sembuh total, sekitar 10 tahun saya sehat seperti org lainnya dok. Nah tp udah hampir 8 bulan ini saya mengalami gangguan pernapasan (mengi, sesak nafas) tp anehnya dok kambuhnya itu tidak tiap malam dok, berkelang(misal, malam ini kambuh bsk malam tidak, bsk malam nya lg kambu dst) tp kadang kadang 1-2 minggu itu tidak kambuh sama sekali, selain itu saya juga kena flu yg gak sembuh" dok sering bersing" hidup mampet. Saya juga sempat merokok selama kurang lebih 1,5 tahun dok, hinggal pada mei 2018 saya niat kan untuk berenti mrokok karna ya gejala yg saya sebutkan diatas td dok. Apa kah penyakit pneunomia saya kambuh dok? Dan apakah bisa disembuhkan lagi melalui pengobatan 6-9 bulan Trimakash dok

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai sesak nafas melalui fitur Tanya Dokter

Halo,

Sesak nafas merupakan Perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung). Terkadang, gangguan dari saluran pencernaan (misalnya GERD atau mag) juga menimbulkan keluhan sesak.

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jariAdanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengiAdakah dari tanda dan gejala tersebut yang anda alami? Penyebab kegawatdaruratan karena sesak napas dapat berupa :

Asma : batuk, mengiInfeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napasAlergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)Sakit jantung (disertai nyeri dada)Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahanSaat ini kami belum bisa memastikan penyebab keluhan anda karena tidak melakukan pemeriksaan. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat. Jika diperlukan, dokter dapat merujuk anda kepada spesialis terkait kecurigaan penyakit anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai sesak nafas . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar