Sukses

Menstruasi paska sc dan tekanan darah tinggi
15 Mar 2019, 08:44 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya mau bertanya tgl 18 bulan desember sy sc,bulan februari tgl 4 sy menstrusi 7hr. trus bulan maret tanggal 11 ini blm mestruasi lgi dan tekanan darah sy sampai 140 lebih.apakah berbahaya ya dok.trimakasih

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Apakah Anda menyusui? Pada ibu yang memberikan ASI ekslusif, umumnya siklus haid akan kembali teratur setelah ibu berhenti menyusui (setelah 6 bulan atau selama periode ASI ekslusif). Isapan bayi pada payudara ibu ketika minum ASI akan menekan hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Siklus haid dapat tidak teratur namun umumnya akan kembali normal secara perlahan-lahan.

Namun apabila ibu tidak memberikan ASI ekslusif atau mengkombinasikan ASI eksklusif dengan susu formula, siklus menstruasi ibu cenderung datang lebih cepat. Siklus haid dapat kembali normal dalam waktu 5-6 minggu setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda berhenti menyusui. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila saat ini Anda juga menyusui. 

Apakah tekanan darah tinggi Anda sudah berlangsung saat hamil? Apakah bahkan sudah terjadi sebelum hamil? 

Sayangnya ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab beserta dengan pemeriksaan fisik yang perlu dilakukan untuk mengetahui apa penyebab kondisi Ibu. 

Sebaiknya Anda konsultasi langsung dengan dokter agar dapat dilakukan wawancara medis mendetail, pemeriksaan fisik dan mungkin penunjang untuk memastikan kondisi Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. 

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar