Sukses

Pipi Terbentur dan Berbenjol
15 Mar 2019, 07:56 WIB
Wanita, 30 tahun.

Selamat Malam Dok, mohon infonya. Anak saya berusia 3th beberapa minggu lalu jatuh dan terkena benturan keras di bagian tulang pipi kirinya sampai sedikit membiru, tapi saya perhatikan sampai saat ini birunya tidak kunjung hilang dan seperti ada benjolan kedalam seukuran biji kelengkeng (sedikit lebih kecil lagi) dan itu terasa jika diraba, jika secara kasat mata tidak terlihat dr luar. Itu apa penyebabnya ya dok, apakah ada masalah serius akibat benturan jatuh itu, pdahal setelah jatuh saya langsung obati dengan salep memar dan semakin kesini saya sering berikan macam” salep dan minyak” hangat lainnya, dengan harapan bekas membirunya akan menghilang dan bejolannya mengempis (tp ternyata smp saat ini tidak ada perubahan. Mohon infonya dok, apakah anak saya harus menjalani Ct scan, atau semacamnya? Terima Kasih sebelumnya, Selamat Malam

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Benjolan yang dialami seseorang setelah terbentur adalah umumnya adalah hematoma. Hematoma adalah Luka memar berupa pecahnya pembuluh darah di bawah kulit kemudian darah masuk ke dalam jaringan sekitarnya, sehingga terjadi benjolan yang terjadi karena pembengkakan di area benturan. Pada luka tersebut terjadi pembekuan darah. Luka memar akan sembuh dengan sendirinya. Waktu penyembuhan luka memar bervariasi, berkisar 1-2 minggu, tergantung pada lukanya. Bila setelahnya benjolan tersebut masih ada dan menetap, harus dievaluasi lagi dengan melakukan pemeriksaan fisik langsung ke dokter. Kemungkinan besar benjolan yang Anda alami bukan lagi hematoma. Kemungkinan lainnya adalah adanya perubahan kedudukan tulang di daerah benturan tersebut atau bisa jadi benjolan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan benturan. hanya saja kebetulan benjolan terjadi di daerah yang terbentur.

Sulit untuk menentukan apa penyebab benjolan tanpa adanya pemeriksaan langsung. Untuk memastikannya, saya sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter karena selain wawancara medis yang mendalam, untuk menegakkan diagnosis juga diperlukan pemeriksaan fisik berupa penentuan lokasi pasti, ukuran, konsistensi, hubungan dengan jaringan sekitarnya dan jika diperlukan pemeriksaan penunjang seperti rontgen atau CT scan.

Semoga keluhan anak Anda segera dapat tertangani. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar