Sukses

Flek Setelah Memakai KB Suntik 1 Bulan
15 Mar 2019, 07:32 WIB
Pria, 28 tahun.

siang dokter,, saya memilih untuk menggunakan KB suntik yang 1 bulan sekali karna saya sudah tidak menyusui,sebulan setelah saya KB suntik,, mens saya lancar sampe dengan bulan ke 3,, bulan ini masuk bulan ke 4 saya KB suntik, tapi kenapa di bulan ini mens saya hanya flek2 saja,, wajarkah itu dokter? dan saya tidak merasakan nyeri perut seperti biasa saat mens,, dan disetiap mau KB saya timbang BB saya selalu turun apa itu yang menandakan saya tidak cocok denngan KB suntik terimakasih atas penjelasannya

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda, salah satu efek samping dari KB suntik yang tergolong sebagai KB hormonal adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik tidak mengalami siklus mens. Setiap individu memiliki efek respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Kontrasepsi suntikan yang diberikan dengan injeksi secara intramuskular setiap bulan adalah kontrasepsi suntikan estrogen-progesteron, mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat.

Penggunaan KB suntik yang tidak teratur juga memang dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid. Bila Anda tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsinya. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Berat badan turun dapat dipengaruhi oleh banyak sekali kondisi. Beberapa penyakit yang dapat membuat berat badan turun adalah penyakit hipertiroid, diabetes melitus, TBC, HIV/AIDS, Kanker dan banyak lagi. Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?Jika Anda merasa BB semakin turun, ada baiknya melakukan konsultasi kepada dokter terdekat agar dapat ditangani apa penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar