Sukses

Penyebab Benjolan Payudara

14 Mar 2019, 21:16 WIB
Pria, 38 tahun.

mlm dok mo tanya hasil biopsi istri:diagnosis klinik:tumor mammae sinistra,kgb axilla+,susp,maligna,dd/inflamasi..makroskopik:jaringan putih,kenyal 2x1,2x0,8cm..mikroskopik:sediaan terdiri atas stroma mammae dan asini klenjar,sebagian mengalami nekrosis,bersebukan sel radang lekosit,bulat dan sel datia benda asing..histopalogik:jaringan granulasi bneda-asing dgn abses.pd sediaan ini tdk ditemukan tanda2 ganas...mohon pnjelsan hasil tsbut dok,apkah baik2 saja atau mengkhawatirkan..terimksh

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi KlikDokter.

Jika merujuk pada hasil analisis jaringan payudara tersebut, maka tidak ditemukan hasil yang mengarah ke keganasan payudara, namun hasl temuan ini perlu disesuaikan dengan keadaan dan tampilan benjolan dari istri Anda.

Benjolan atau tumor di payudara pada umumnya berasal dari perubahan normal pada perkembangan payudara, siklus hormonal dan perubahan reproduksi. Berdasarkan sifatnya, benjolan ini dapat dibagi menjadi jinak dan ganas (kanker). Jenis benjolan jinak diantaranya adalah mammary dysplasia, Papiloma intraduktal, FAM, dan sistosarkoma filodes.

Benjolan dapat menyerang siapa saja, terutama bagi wanita (bahkan pria) yang sudah mendapatkan menstruasi. Kemungkinan memiliki benjolan pada wanita ini akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Gejala benjolan payudara sangat bervariasi, dan kecil kemungkinan tumor jinak di payudara berubah menjadi ganas karena biasanya tumor jinak tidak dapat menyebar ke organ lain serta tidak berbahaya. Namun apabila benjolan semakin membesar serta semakin nyeri, memang operasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini.

Berikut adalah kumpulan gejala dari kanker payudara atau keganasan yang patut Anda ketahui:

Pembengkakan atau benjolan di ketiak

Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange

Puting tertarik ke dalamKeluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lainNyeri di benjolan (namun ini subjektif)

Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.Bila ibu Anda mengalami satu atau lebih dari gejala di atas, segera konsultasikan diri ke Dokter Spesialis Bedah, karena segala macam keganasan harus cepat ditangani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar