Sukses

Gumpalan darah usai menstruasi

14 Mar 2019, 20:50 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, mau tanya kenapa saya setelah haid bbrp hari kemudian keluar darah menggumpal tapi bukan flek seperti biasa bahkan saya blm berhubungan intim mksd saya kelamin lelaki pun blm pernah masuk ke dalam miss v saya. Maaf dok kl kurang sopan. Saya hanya bingung dan panik.

Terima kasih telah bertanya seputar gumpalan darah usai menstruasi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Apakah waktu itu anda betul-betul sudah selesai haid, atau darah yang keluar biasanya memang tidak konsisten saat terjadinya siklus menstruasi?

Normalnya siklus haid seorang wanita berlangsung setiap 21-35 hari selama 3-8 hari dengan jumlah perdarahan yang keluar berkisar antara 20-60 ml/hari.

Darah haid yang bergumpal seringkali terjadi ketika darah haid yang keluar cukup banyak dan dalam jumlah besar. Secara otomatis, tubuh akan menghasilkan anti-pembekuan darah ketika Anda sedang mengalami menstruasi agar darah menstruasi tidak menggumpal. Namun, jika aliran darah cukup banyak maka anti-pembekuan darah dalam tubuh tidak sempat bekerja sehingga darah menstruasi akan keluar dalam bentuk gumpakan-gumpalan kecil dan sedang. Selama, lama haid/perdarahan normal dan tidak disertai keluhan-keluhan lain maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan.

Jika masih terdapat keluhan lebih lanjut, kunjungi dokter kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan solusi dan terapi yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai gumpalan darah usai menstruasi. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar