Sukses

PCOS dan Sulit Hamil
13 Mar 2019, 15:32 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok, sy PCOS. Pola hidup sehat sdh sy jalani 3 bulan ini, bagaimana caranya agar cepat hamil ?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Berikut ini beberapa cara untuk menangani wanita dengan PCOS agar bisa hamil:

Pemberian pil pengatur siklus haid

Pemberian pil semacam kontrasepsi yang mengandung hormon estrogen dan progestin dapat mengurangi produksi hormon androgen, sehingga membuat siklus haid teratur. Anda perlu mengonsumsi pil tersebut dalam dua minggu, setiap bulan, selama 1-2 bulan.

Pengobatan yang membantu proses ovulasi

Pemberian obat-obatan yang membantu proses ovulasi hanya setelah pemberian pil pengatur siklus haid selesai, dan Anda siap untuk hamil. Obatnya terdiri dari beberapa pilihan, yaitu clomiphene (anti-estrogen), metformin (jika clomiphene tidak berhasil), obat suntikan berisi follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinizing hormone (LH), dan letrozol.

Selain pemberian obat-obatan, penurunan berat badan pada wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas juga penting. Hal ini diperlukan agar dapat menurunkan kadar hormon, selanjutnya diharapkan siklus haid menjadi lebih teratur. Wanita juga perlu menerapkan gaya hidup sehat seperti memperhatikan asupan makan, berolahraga rutin, dan menghindari rokok. Selain itu, penting untuk mengonsumsi asam folat minimal 400 mikrogram/ hari sebagai persiapan diri untuk hamil, agar janin tidak mengalami kelainan pembentukan tulang belakang akibat kekurangan asam folat. Hubungan intim sebaiknya dilakukan secaara rutin, terutama pada saat masa subur.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar