Sukses

Bruntusan Pasca Berhenti Menggunakan Krim Kulit

13 Mar 2019, 13:43 WIB
Pria, 20 tahun.

Hallo dok, sebelumnya saya mau cerita kalau saya sudah kurang lebih mau 2 tahun perawatan di dokter dermatologi. saya pakai krim malamnya. nah seminggu kemarin saya sudah tidak pakai karena memang sudah berniat mau berhenti pakai krim dokter dan mau perawatan yang memang drug store saja. setelah saya berhenti pakai krim malamnya, selama dua hari berhenti, itu tidak ada keluhan apapun. tapi setelah hari kelima dan hampir ke-7 ini diwajah saya muncul seperti bruntusan tapi berisi nanah dan itu kecil hampir se-muka saya dok terutama dibagian pipi. kulit saya juga terasa seperti lebih tebal dan terasa gatal. apakah ini proses dari reaksi kulit saya yg sudah tidak pakai krim ini wajar atau tidak. kalau pun iya bagaimana solusi terbaiknya dok, karena saya jadi kurang percaya diri karena perubahan tekstur dan kondisi wajah saya yang sekarang. terimakasih dok, saya sangat menunggu jawaban dari para dokter..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan layanan KlikDokter.com,

Sebelumnya ada beberapa informasi terkait keluhan Anda yang harus kami tanyakan. Atas indikasi apakah Anda diberikan krim wajah? Apakah ada masalah kulit tertentu sehingga dokter meresepkan krim wajah pada Anda? Kemudian, penting juga untuk mengetahui zat aktif yang terkandung dalam krim yang selama ini Anda gunakan. Sebab, tiap jenis zat aktif yang terkandung dalam krim kulit bisa memberikan efek samping yang berbeda-beda.

Kuit yang sudah biasa dirawat dengan menggunakan krim kulit mengandung zat aktif, tentunya besar kemungkinan mengalami reaksi saat terhenti menggunakan krim kulit. Sebab, krim kulit yang selama ini digunakan mungkin memberikan efek seperti meningkatkan pembaruan kulit dengan lebih cepat, atau efek-efek lainnya (tergantung zat aktif yang terkandung), dan ketika krim dihentikan maka penumpukan kulit mati akan semakin terlihat.

Contoh gejala lain yang bisa timbul saat berhenti krim kulit misalnya kulit kemerahan dan rasa seperti terbakar. Hal ini dapat disebabkan oleh zat yang terkandung dalam krim wajah. Biasanya zat bernama Tretinoin lah yang menjadi penyebabnya. Zat ini merupakan bentuk asam dari vitamin A yang dapat membentuk struktur atau lapisan kulit baru untuk menggantikan lapisan kulit luar yang rusak.

Infokan keluhan ini kepada Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin yang menangani Anda, terutama untuk memastikan apakah memang reaksi ini normal (karena butuh waktu sebelum kulit beradaptasi pada kondisi tanpa menggunakan krim kulit). Namun untuk kondisi keluarnya nanah, itu adalah kondisi infeksi bakteri. Apakah Anda sering menyentuh bruntusan pada wajah dengan tangan kotor? Hal ini sebaiknya Anda hindari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar