Sukses

Alergi Obat atau Makanan
13 Mar 2019, 13:43 WIB
Pria, 23 tahun.

Awalnya gatal gatal dan panas dikulit juga berwarna merah. Pertama periksa katanya racun alergi makanan, diberi obat tapi tidak ada perubahan sama sekali malah wajah jadi bengkak dan muncul bintik bintik putih diwajah. Jadi dok, itu alergi makanan atau alergi obat tertentu? Bengkak sudah 2 hari sedangkaan gatal gatal 4 hari. Pas dibawa ke rumah sakit katanya tidak apa apa tidak perlu dirawat inap. Tp kenapa malah semakin parah dok? Terima kasih dok. Mohon jawabaannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Mengatasi Alergi Makanan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Untuk mengetahui apakah makanan atau obat yang menyebabkan alergi, dapat dilihat dari kapan munculnya gejala alergi. Bila memang pada awalnya sudah timbul gejala merah dan gatal di kulit pasca mengonsumsi makanan tertentu, maka itulah bahan yang menyebabkan alergi. Bisa saja gejala bengkak yang timbul belakangan hanya merupakan proses lanjutan terhadap alergi makanan yang terjadi di awal. Sebab, obat yang diberikan dokter untuk menangani alergi, kecil kemungkinannya justru menyebabkan alergi. 

Bila kondisi gatal tidak mengancam nyawa, tidak menyebabkan sesak nafas, memang tidak perlu di rawat inap. Pengobatan bisa dilakukan dengan rawat jalan saja. Bila memang Anda merasa semakin parah, periksakanlah ke dokter, bila perlu dokter yang berbeda untuk mendapatkan second opinion.

Makanan yang menyebabkan alergi sebaiknya dihindari, bila tetep dikonsumsinya tentunya gejala alerginya terus terjadi. Gejala alergi yang timbul dapat berbeda-beda. 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Mengatasi Alergi Makanan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar