Sukses

Bentol dan Gatal di Seluruh Tubuh
12 Mar 2019, 10:14 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat malam dok, saya eka mau bertanya saya mengalami gatal2 di seluruh badan terutama di bagian selangkangan itu sangat gatal sampai muncul bentol gitu dok. Saya rasa saya selalu bersih merawat badan tapi itu kenapa bisa terjadi?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat obat-obatan atau makanan yang Anda konsumsi sebelum muncul bentol kemerahan? Dalam mendiagnosis kelainan pada kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik langsung untuk menilai jenis lesi, lokasi, luas, warna, dan jaringan lainnya yang terkena.

Salah satu contoh penyebab gatal dan bentol pada tubuh adalah Urtikaria. Urtikaria memang merupakan reaksi alergi. Untuk itu, selain pengobatan, perlu diketahui hal apa yang menyebabkannya. Ini diperlukan karena memang penanganan alergi yang terbaik adalah dengan menghindari pencetus yang menyebabkan terjadinya gejala. 

Adapun penyebab terjadinya urtikaria, meliputi:

Obat (obat minum, sabun, bahan kosmetik, dll)MakananGigitan/sengatan seranggaTrauma fisikBahan yang dihirup (jamur, debu, bulu binatang)Infeksi (bakteri, virus, cacing)Gangguan emosional/stresFaktor keturunanSuhuBeberapa penyakit seperti keganasan, hepatitis, hipertiroid.Urtikaria ini merupakan reaksi cepat alergi. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Adakah periode keluhan Anda hilang timbul? Jika pencetus dihindari bagaimana hasilnya? Adakah keluhan lain seperti sakit gigi atau diare?

Untuk itu, jika Anda sudah mengetahui penyebab alergi Anda, kami sarankan Anda menghindarinya. Jika penyebabnya karena udara dingin maka Anda perlu menggunakan baju hangat bila di wilayah yang dingin atau jika ruangan Anda terlalu dingin, Anda bisa mencoba untuk meminta perpindahan tempat ke yang sedikit lebih hangat. Konsumsilah makanan hangat untuk meningkatkan suhu badan. Bagaimana dengan pakaian Anda? Pakailah pakaian yang menutup badan untuk mengurangi paparan dingin terhadap kulit Anda. Selain itu juga perlu diperhatikan kemungkinan penyebab yang lain. Anda mungkin perlu memeriksakan kesehatan gigi Anda karena infeksi gigi yang tersembunyi juga dapat menyebabkan urtikaria.

Pada dasarnya pengobatan alergi ditujukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, dan sebenarnya untuk mencegah gejala alergi yang paling efektif adalah dengan mengendalikan pencetusnya. Anda dapat mengkonsumsi obat anti alergi seperti CTM, loratadin, atau cetirizin. Hindari kebiasaan menggaruk karena akan membuat kulit semakin gatal dan menyebabkan iritasi. Jaga pula kelembaban kulit dengan menggunakan lotion atau sabun mandi yang mengandung pelembab karena kulit yang kering dapat memperberat keluhan.

Berikut kami lampirkan artikel:

UrtikariaTerbebas AlergiKolam Renang Berklorin Picu AlergiMengurangi Alergi Lewat Pola MakanMenghindari Debu Rumah Penyebab AlergiGigi Rusak Pemicu Alergi 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar