Sukses

Kantuk di pagi hari
11 Mar 2019, 20:52 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, mau bertanya. Saya setiap kali bangun tidur tersa kurang segar, dan setiap jam 7 - 11 pagi, saya selalu merasakan kantuk yang cukup membuat saya terganggu dalam melakukan aktivitas. Padahal, malam harinya saya tidak bergadang, dan tidur pun juga 8 jam. Kira kira apa yang menjadi penyebabnya dok ? Terima Kasih..

Terima kasih telah bertanya seputar kantuk di pagi hari menggunakan fitur Tanya Dokter.

Hati-hati, rasa kantuk di pagi hari yang berlebihan dan terus-menerus merupakan salah satu gejala dari perlemakan hati atau fatty liver.

Fatty liver (perlemakan hati) merupakan suatu keadaan dimana telah terjadi penumpukan lemak yang berlebihan di dalam sel-sel hati. Fatty liver disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol
  • Obesitas
  • Hiperlipidemia
  • Kencing manis
  • Sindrom metabolik
  • Obat-obatan (seperti kortikosteroid, tetrasiklin, asam valproat, metotreksat, karbon tetraklorid, fosfor kuning)
  • Operasi bypass pada usus kecil
  • Fibrosis kistik (bersamaan dengan kurang gizi)
  • Kelainan bawaan pada metabolisme glikogen, galaktose, tirosin atau homosistein, dan lain sebagainya

Penumpukan lemak pada sel hati ini akan menimbulkan reaksi radang di dalam hati sehingga dapat menyebabkan gangguan fungsi hati yang ditandai oleh peningkatan enzim hati (SGOT, SGPT, GGT, dll).  Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). 

Untuk menentukan diagnosis perlemakan hati atau fatty liver, dokter akan melakukan serangkaian wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan perlemakan hati yang biasa dilakukan adalah:

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan lain untuk mengetahui adanya perlemakan hati pada anda atau tidak.

 Badan lemas memang belum tentu gejala fatty liver. Namun, bila Anda mengalami badan lemas disertai dengan gejala-gejala lain yang merujuk pada fatty liver, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kantuk di pagi hari. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar