Sukses

Penyembuhan Luka Jahitan Persalinan

11 Mar 2019, 14:52 WIB
Wanita, 24 tahun.

Mlam dokk..1 bulan kmren sya hbis lahiran normal.sya terdpt 1 jahitn.nah yg sya pertnyakn knpa ad benang yg menggntung pdahal jahitn sya sudh kring dn tumbuh dging.bukannya bysax benang jahitan itu terlepas sndrk dlam rentan wktu 1 minggu.stelah konsultasi k bidannya punya sya hrus btuh 1 bulan bgmna kok bisa berbeda punya sya dok.dn bgmna solusinya agar mempercepat plepasan benangx soalx sngat menggangu aktifitas dokk terasa tertusuk . Maaf panjang pertanyaannya dn trima kasik

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai penyembuhan luka melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Adapun penyerapan benang sesungguhnya sangat tergantung atas jenis benang yang digunakan, sehingga tidak dapat disamakan. Yang terpenting, lakukan kontrol teratur pada bidan yang menangani Anda. Selain itu, pastikan tidak ada tanda-tanda gangguan penyembuhan luka, misalnya luka bertambah nyeri, luka menjadi basah, dan bernanah. Adakah hal tersebut pada Anda? Bila ada, maka mungkin ada kecurigaan gangguan proses penyembuhan luka. Sedangkan bila tidak ada, kemungkinan penyembuhan luka berlangsung baik.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) terkait wilayah/anggota tubuh yang mengalami luka (jangan biarkan area luka teregang berlebihan saat Anda beraktivitas), dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Namun tentunya tidak ada kata terlambat dalam merawat luka. Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih.

Bila Anda menginginkannya, Anda juga bisa meminta second opinion pada dokter kebidanan dan kandungan, sekedar untuk meminta pendapat  terkait dengan kondisi luka jahitan pada bekas persalinan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar