Sukses

Benjolan pada perut sebelah kiri
11 Mar 2019, 13:36 WIB
Pria, 22 tahun.

hai dok. saya mau tanya. istri saya ada benjolan kecil di bagian bawah perut sebelah kiri dan masih belum haid sudah 40 hari, sudah periksa kedokter juga tapi cuma dikasih vitamin. benjolannya kira - kira sebesar buah manggis. tapi tidak terasa sakit. terus benjolan itu bahaya apa tidak dok. soalnya kasihan istri saya dia takut jadinya dok.

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada perut sebelah kiri menggunakan fitur Tanya Dokter.

Perlu ditegaskan, benjolan ini apakah terdapat di bawah kulit dan dapat digerakkan atau tidak? Jika tidak, anda dapat bertanya lebih lanjut kepada kami dengan memberi rincian yang lebih jelas.

Mengenai belum haid selama 40 hari, anda dapat periksakan ke dokter kandungan agar dapat dilakukan USG dan mengetahui adanya kelainan atau tidak pada rahim istri anda.

Mengenai benjolan yang muncul di bawah perut terdapat banyak kemungkinan, salah satunya adalah Lipoma.

Lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak di bawah kulit yang terdiri atas jaringan lemak. Lipoma tidak membahayakan terhadap nyawa karena bersifat jinak. Pada dasarnya lipoma tidak memerlukan tindakan apapun, kecuali untuk alasan kosmetik atau pembesaran benjolan telah menimbulkan keluhan nyeri dan mengganggu pergerakan. Hingga kini belum ada obat yang dapat menghambat pertumbuhan lipoma.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan benjolan lipoma adalah dengan operasi pengangkatan lipoma. Operasi dapat dilakukan dengan bius lokal, jika dokter sudah benar-benar yakin bahwa benjolan memang benar-benar lipoma yang tergolong dalam tumor jinak. Untuk memastikan gambaran benjolan tersebut, Anda dapat diperiksa dengan menggunakan USG terlebih dahulu. Adapun diagnosis pasti dari benjolan tersebut adalah dengan memeriksa potongan benjolan setelah diangkat, apakah tergolong tumor jinak atau ganas.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan pada perut sebelah kiri. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar