Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Melahirkan

11 Mar 2019, 09:57 WIB
Pria, 24 tahun.

Bulan des 2018 sy melahirkan sc ank 2 ank prtama juga sc krn miopi tinggi -6,50, sy smpet mens bln januari 2x , awal dan akhir, tp awal 3hari dan akhir juga sama 3hari, dn bln feb ini pas tgl seharusnya mens, sy kluar cairan coklat pagi hari, dn stlh itu gak kluar lg dn cairan nya dikit sekali dok. Apa bisa itu dikatakan mens? Sy sempet TP garis 1 jelas dn hampir gak kliatan banget ada satu lg dok, apa saya bisa hamil lg ya? Sy asi full dok, dn blm pasang kb

Terima kasih telah bertanya seputar haid pasca melahirkan / operasi caesar menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Pada ibu yang memberikan ASI ekslusif, umumnya siklus haid akan kembali teratur setelah ibu berhenti menyusui (setelah 6 bulan atau selama periode ASI ekslusif). Isapan bayi pada payudara ibu ketika minum ASI akan menekan hormon reproduksi lain yang diperlukan untuk terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur dari indung telur) dan untuk terjadinya menstruasi. Siklus haid dapat tidak teratur namun umumnya akan kembali normal secara perlahan-lahan.

Namun apabila ibu tidak memberikan ASI ekslusif atau mengkombinasikan ASI eksklusif dengan susu formula, siklus menstruasi ibu cenderung datang lebih cepat. Siklus haid dapat kembali normal dalam waktu 5-6 minggu setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda berhenti menyusui. Jadi Anda tidak perlu khawatir apabila saat ini Anda juga menyusui.

Jika Anda memberikan ASI eksklusif kepada anak Anda(menyusui), maka salah satu kemungkinan penyebab belum kembalinya haid Anda adalah karena suatu proses yang normal sebagai hasil penerapan MAL (Metode Amenore Laktasi) yang merupakan bentuk kontrasepsi alami.

Angka keberhasilan metode ini dapat mencapai 98-99,5%. Kehamilan terjadi pada 2 per 100 wanita 6 bulan setelah melahirkan, dan 6 per 100 wanita 6-12 bulan setelah melahirkan. Anda tidak perlu merasa khawatir karena keadaan amenorea atau tidak mendapatkan menstruasi selama menyusui bervariasi setiap individu (antara 3 bulan-2 tahun), dan ini merupakan hal yang normal. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar