Sukses

Telat Haid, Mengapa?

11 Mar 2019, 05:02 WIB
Wanita, 18 tahun.

Sore dok,nama saya juwita umur saya baru 18thn,dok saya terakhir haid tgl 11 januari tapi sudah tgl 9 maret saya belom haid dok,itu kenapa ya dok saya jadi kwatir, tolong direspon cepat yaa dok

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf sebelumnya, apakah Anda memiliki riwayat berhubungan intim setelah haid yang terakhir? Bila ya, maka telat haid mungkin disebabkan oleh karena kehamilan dan sebaiknya Anda melakukan testpack.

Bila tidak, maka ini disebabkan oleh gangguan hormonal yang cukup sering terjadi. Setidaknya ini bisa terjadi selama 1-2 kali dalam setahun dan biasanya bukan merupakan kelainan yang serius. Ada waktu-waktu di mana tubuh Anda menjadi lebih sensitif terhadap perubahan hormon reproduksi. Kondisi ini juga umumnya tidak memerlukan pengobatan kecuali terjadi berlebihan dan mengganggu Anda.

Pemicunya bisa karena stres, aktivitas yang cukup melelahkan, pola makan dan tidur yang kurang baik atau berat badan yang kurang atau terlalu berlebihan.

Baca juga: 6 Penyebab Haid Tidak Teratur.

Saran kami, sebaiknya perbaiki dulu gaya hidup Anda dan carilah waktu untuk rileks. Jika haid tak kunjung datang dalam 3 bulan berturut-turut, segera periksakan diri ke dokter kandungan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar