Sukses

Nyeri Dada, Penyakit Jantung?

10 Mar 2019, 23:35 WIB
Wanita, 18 tahun.

Malam dok, saya mau tanya kondisi saya, sore ini sehabis bgn tidur saya merasakan tubuh saya lemas dan seperti masuk angin akhirnya saya memutuskan untk mandi dahulu setelah mandi saya jadi pusing dan merasa sesak nafas dan napas yg terasa pendek, sebelumnya sesak nafas ini prnh saya alami juga namun saya pikir itu karena asap rokok yg sering saya hirup karena di rmah ada yg merokok, akhirnya saya memilih ke luar ruangan saya coba tenang tarik napas pelan" namun semakin lama saya semakin mengeluarkan keringat dingin, sampai baju terasa basah, lalu saya mulai merasa tangan saya kebas sprt kesemutan gitu, lalu saya mengalami muntah, setelah muntah saya merasa nafas saya semakin cepat sprt org yg sedang berlari, akhirnya saya memutuskan prgi ke kamar dgn keadaan badan tdk seimbang dan pusing, akhirnya saya tiduran di kasur lalu saya mulai merasakan tangan saya yg kebas itu mulai gemetar lalu kaku dan tdk bs bergerak, lalu kaki saya mulai ikutan kaku trus menjalar ke semua badan dr perut sampai kepala saya, lalu mata saya jg sampai gemetar seakan" pandangan saya bergoyang dan melayang, tp saya berusaha tetap tahan agar msh sadar dan di bantu kakak saya mengoleskan minyak angin di seluruh tubuh saya, awalnya saya panik dan memikirkan bnyk hal dan itu justru membuat badan saya semakin kaku, akhirnya saya coba mulai tdk panik saya kendaliin diri saya sambil tutup mata, lalu saya mulai merasa mengantuk namun saya msh sadar, akhirnya perlahan" smuanya mulai reda tangan, kaki dan badan saya udh bisa gerak, lalu saya di beri tolak angin dan di kerik/( istilahnya dikerok) dan sudah merasa baikkan. Dari gejala yg saya alami tsb apakah saya benar" masuk angin / ada gejala lainnya sprt jantung dll dok? Tolong di jelaskan ya dok trima kasih..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sulit bagi kami untuk memastikan penyebab keluhan Anda dengan informasi yang terbatas.

Nyeri yang dada Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Untuk usia Anda, kemungkinan besar bukan sakit jantung. Keluhan nyeri dada pada orang muda jarang disebabkan oleh sakit jantung, lebih sering karena masalah otot atau tulang. Keluhan ini dapat berkurang dengan mengkonsumsi multivitamin dan antinyeri seperti paracetamol.

Namun, untuk memastikannya, anda dapat memeriksakan diri kepada dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar