Sukses

Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik

10 Mar 2019, 23:38 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, Dulu saya ikut kb suntik 3bulan sekali, selama 2 tahun, dan sekarang sudah berhenti selama 2 tahun, tapi haid belum lancar dan kalau keluar darah pun berlendir. Kenapa ya dok... Apakah masih ada kemungkinan untuk hamil lagi? Makasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. 

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Haid Tidak Teratur Pasca Berhenti KB Suntik. Semoga bermanfaat.

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar