Sukses

Bayi dari Ibu dengan Hepatitis B
10 Mar 2019, 21:03 WIB
Wanita, 23 tahun.

,dok apakah bayi yang lahir dari ibu yang terkena hepatitis b wajib mendapatkan suntikaN Imunoglobulin? ? Jika hanya di suntik vaksin hepatitis b saja apakah berpengaruh buruk dok

Terima kasih telah bertanya seputar Bayi dari Ibu dengan Hepatitis B menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelum menjawab izinkan kami menjelaskan sedikit mengenai Hepatitis B. Hepatitis B tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan. Hepatitis B ditandai dengan HBsAg yang positif. HBsAg yang positif berarti Anda menderita Hepatitis B. Yang perlu dicek adalah apakah hepatitis B yang Anda derita masih menularkan ke orang lain atau tidak. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan yaitu melakukan pemeriksaan HBeAg dan Anti HBe. Apabila hasil yang didapat seperti ini :

  • HBe Ag reactive/positif dan Anti HBe non reactive/negatif artinya Hepatitis B masih infeksius
  • HBe Ag non reactive/negatif dan anti HBe reactive/positif artinya Menderita Hepatitis B tapi sudah tidak menular lagi, disebut dengan Hepatitis B carrier .

Apabila Anda menderita Hepatitis B infeksius maka pemeriksaan lanjutnya adalah HBV DNA untuk mengetahui aktifitas virus tersebut. Apabila hasilnya meningkat artinya virus tersebut sedang aktif berkembang biak. Dan yang perlu diperhatikan juga adalah fungsi liver dengan memonitoring SGOT dan SGPT. BIla diperlukan juga dapat dilakukan USG hati. Hal ini akan menentukan dibutuhkan atau tidaknya terapi untuk Anda.

Pedoman saat ini untuk ibu dengan HbsAg positif adalah pemberian antibodi terhadap hepatitis B atau (HbIg) kepada bayi dilanjutkan dengan pemberian vaksin terhadap bayi. Dengan perlindungan vaksin hep B, ibu boleh saja tetap menyusui anak.

Demikian informasi seputar Bayi dari Ibu dengan Hepatitis B yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,  

0 Komentar

Belum ada komentar