Sukses

Demam dan Nyeri Kepala Disertai Nyeri Tenggorokan
09 Mar 2019, 13:14 WIB
Pria, 35 tahun.

Hallo klik dokter,, Beberapa hari yg lalu saya ke Bandung, selama 2 hari terakhir disana, saya mengalami demam, kepala nyeri dan berat dan perut terasa mual. Ga mau ambil resiko, saya langsung berobat ke dokter. Menurut analisa dokter tersebut ada kemungkinan sya mengalami demam berdarah atau typus. Agar memastikan, perlu adanya cek darah di laboratorium. Untuk sementara, dokter tersebut memberikan saya obat anti mual dan parasetamol dg dosis lumayan tinggi. Dampaknya stelah mengkonsumsi Alhamdulillah demam saya sedikit reda, tapi sakit kepala saya terasa semakin parah dan mual di perut masih terasa Besoknya saya pulang ke Bekasi, di Bekasi stelah istirahat beberapa jam, saya periksa lagi di klinik terdekat. Saya ceritakan semua keluhan saya. Dokter di klinik mengecek tenggorokan saya, dan dg pasti dokter tersebut mendiagnosa saya terkena radang tenggorokan. Sehingga mempengaruhi penyakit ke kepala dan sekitar perut. Yg mau saya tanyakan, apa benar saya terkena radang tenggorokan (dulu saya pernah terkena radang tenggorokan, dan tenggorokan saya terasa amat sakit) sedangkan saya tidak mengalami sakit di tenggorokan? Apa penyakit radang tenggorokan akan berefek ke kepala pusing serta badan nyeri dan perut mual. Sekian saja pertanyaan saya dokter. Semoga dokter bisa mbantu saya Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar Demam dan Nyeri Kepala Disertai Nyeri Tenggorokan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Kata kunci yang dapat kami tangkap adalah adanya demam dan nyeri tenggorokan yang juga terjadi.

Sakit tenggorokan yang anda rasakan kemungkinan akibat penyakit radang tenggorokan (faringitis). Demam yang disebabkan oleh infeksi virus (viral infection) misalnya saat menderita penyakit faringitis ini seringkali disertai dengan gejala-gejala seperti nyeri sendi (artralgia), dan nyeri otot (mialgia), nyeri kepala (sefalgia).

Penyakit radang tenggorokan ini seringkali berkaitan dengan penurunan daya tahan tubuh, oleh sebab itu hal utama yang kami anjurkan adalah sebagai berikut:

Istirahat yang cukup. Dalam sehari, biasakan tidur selama 7-8 jam per hari karena tidur adalah waktu bagi tubuh untuk memperbaharui sel-sel dan membangun kembali tenaga yang telah terkuras.

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan minum yang cukup. Cukupkan konsumsi zat gizi yang dibutuhkan tubuh, dengan melengkapi berbagai sumber zat gizi dalam menu Anda. Misalnya karbohidrat (nasi, mie, roti), protein (daging-dagingan, ikan, tahu dan tempe), lemak (daging, susu), vitamin dan mineral (buah-buahan, sayuran). Konsumsilah cairan dalam jumlah yang cukup, dan untuk kondisi yang sedang anda alami, meminum air hangat adalah langkah yang baik karena disamping membuat nyaman tenggorokan yang sedang radang, air hangat dapat mengurangi pembengkakan area tenggorokan.

Menghindari kondisi stres dan tekanan psikologis

Mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen seperti vitamin C cukup baik dilakukan dalam kondisi penurunan imun tubuh. Hal yang harus diperhatikan bahwa, sumber alami vitamin C (misalnya buah jeruk, mangga) tetaplah sumber vitamin C yang lebih diutamakan. Selain itu, seringkali vitamin C dalam suplemen memiliki kandungan yang terlalu besar dibanding yang dibutuhkan tubuh. Suplemen vitamin C kurang baik untuk dikonsumsi jangka panjang, lebih lanjut konsultasikan dulu kepada dokter Anda.

Untuk memberikan kenyamanan area tenggorokan dan mempercepat penyembuhan, dapat dibantu dengan menghisap-hisap tablet antiseptik yang dijual bebas. Sekali lagi, tablet hisap ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang.

Bila nyeri tenggorokan anda berlangsung selama 5 hari atau lebih, maka kemungkinan besar telah ada infeksi bakteri dan anda membutuhkan antibiotik. Kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan antibiotik yang sesuai dengan Anda.

Demikian informasi seputar Demam dan Nyeri Kepala Disertai Nyeri Tenggorokan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar