Sukses

Suntik KB dan Kehamilan

08 Mar 2019, 14:32 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya.selama saya suntik kb 3bln saya tdk prnh haid. Tp hanya flek . Mulai desember saya tdk suntik kb lagi.terjadi flek lagi hari pertama tgl 27 februari tp lupa kapan hari terakhir fleknya. Lalu saya berhubungan intim tggl 2 maret memakai kondom. takut ad yg tersisa sperma d dalam vagina karena setelah kluar sperma suami saya memasukkan lagi mr. P.nya saya tgl 3 saya lamgsung suntik kb yg 1 bln. Apakah bisa hamil ? Trs efektifnya hubungan intim setelah kb yg 1 bln it brp hr stlhmya ya dok ? Mohon d jawab. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang Suntik KB dan Kehamilan melalui fitur Tanya Dokter

KB suntik 1 bulan mengandung mengandung 25 mg depo medroxyprogesteron asetat dan 5 mg estradiol cypionat. Pada pemakaian KB ini, siklus menstruasi terjadi lebih stabil setiap bulannya. Namun memang perlu diperhatikan bahwa KB ini berisi hormon yang berpengaruh terhadap sistim hormonal tubuh yang mengatur siklus ovulasi dan siklus menstruasi. Sebagian besar wanita yang menggunakan KB suntik 1 bulan memang mengalami siklus menstruasi teratur, namun sebagian kecil wanita terkadang tidak mendapatkan menstruasi atau siklusnya tidak teratur.

Persentase kehamilan pada pemakaian KB suntik 1 bulan adalah 0,3%, kecil memang tetapi KB ini tidak mencegah kehamilan 100%. Jika terjadi keterlambatan haid setelah berhubungan intim, cobalah untuk memeriksakan diri dengan test pack. Apabila hasilnya positif atau hormon hCG Anda meningkat setara dengan kenaikan hormon pada kehamilan, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter kebidanan dan kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Suntik KB dan Kehamilan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar