Sukses

Penyebab Bersin Berbau

07 Mar 2019, 19:16 WIB
Pria, 43 tahun.

ass.saya mau bertanya dok.ketika saya bersin berbau apakah hidun saya sudah infeksi ,dan jika sudah imfeksi apa obatnya terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan. Proses bersin itu sendiri dicetuskan oleh stimulasi fisik saraf trigeminal. Cabang-cabang saraf trigeminal pada wajah sangat sensitif terhadap stimulasi kimiawi, mekanis, dan sentuhan (taktil), termasuk sensasi nyeri dan suhu. Cabang saraf tersebut juga terdapat pada permukaan dalam hidung.

Bersin bisa pula menjadi suatu penanda Anda sedang mengalami infeksi saluran pernafasan. Infeksi sendiri dapat disebabkan oleh bakteri, virus, parasit dan jamur. Sehingga jika Anda sedang mengalami infeksi, wajar bila setelah Anda bersin meninggalkan bau yang kurang sedap. Selain itu bersin bisa pula menjadi penanda Anda memiliki riwayat alergi. 

Kebersihan mulut juga dapat mempengaruhi kualitas air liur seseorang. Kebersihan mulut yang buruk memicu peningkatan jumlah bakteri dalam mulut dan di permukaan lidah. Tanpa pembersihan mulut yang baik, sisa makanan akan tertinggal dalam mulut dan menjadi lingkungan yang cocok untuk bakteri berkembang biak yang akan menyebabkan bau pada mulut. Selain itu, sisa makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah akan menyebabkan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang, sehingga akan meningkatkan bau mulut dan air liur. Untuk itu kebersihan gigi dan mulut perlu dijaga dengan baik.

Apabila terdapat keluhan lain yang menyertai seperti demam, batuk pilek, dan sebagainya, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk menegakkan diagnosis dan pengobatan optimal. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar