Sukses

Seputar Donor Plasma Darah

07 Mar 2019, 10:50 WIB
Pria, 21 tahun.

Halo dok, saya ingin tanya mengapa di daerah tempat tinggal saya (Medan) atau mungkin di kota-kota lain di Indonesia belum bisa mendonorkan plasma darah? Apa syarat untuk mendonorkan plasma darah? Saya juga telah membaca banyak artikel tentang plasma darah. Saya adalah seorang pendonor rutin, dan sudah bertanya ke UTD PMI Medan, dan mereka bilang tidak bisa mendonorkan plasma darah. Terimakasih

Terima kasih telah mengajukan pertanyaan mengenai donor plasma melalui fitur tanya dokter. 

 

Jenis donor terbagi menjadi empat, yaitu:

Trombaferesis (donor trombosit)

Eritraferesis (donor sel darah merah) 

Leukaferesis (donor sel darah putih) 

Plasmaferesis (donor plasma)

Menyumbangkan plasma agak berbeda dengan donor darah secara utuh. Ketika Anda mendonorkan darah utuh, ia langsung masuk dan dibawa ke laboratorium. Sementara ketika donor plasma, darah yang diambil dari lengan Anda akan melewati mesin khusus untuk dipisahkan dan diambil bagian pentingnya saja, dalam kasus ini adalah plasma.

Bagian-bagian yang tersisa, termasuk sel darah merah Anda, kembali ke dalam tubuh bersamaan dengan beberapa larutan garam (air asin). Proses donor plasma biasanya memakan waktu sekitar 1 jam. 

Untuk menyumbangkan plasma dan sel lain, Anda harus berusia minimal 18 tahun dengan berat laki-laki minimal 55 kg dan perempuan minimal 60 kg. Anda juga wajib melakukan pemeriksaan fisik serta uji virus tertentu untuk memastikan tubuh tidak terjangkit HIV dan hepatitis.

Selain itu, syarat penting lainnya adalah kadar Hb 13–17 gr/% dan tekanan darah sistole berada antara 110–150 mmHg serta diastole 70–90 mmHg. 

Kami sarankan Anda ke PMI terdekat ya untuk menanyakan kembali. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar