Sukses

Perdarahan Saat Hamil Muda
06 Mar 2019, 09:49 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat pagi dok, saya mau tanya, tgl 5 maret 2019 jam 7.30 mlm sy usg dan dinyatakan kehamilan usia 5 minggu dan sudah terbentuk kantung jnin tapi belum ada janin, namun ada sedikit perdarahan. Perut bagian bawah sempat kram, kadang sakit kadang engga, terjadi hanya sebentar2 saja. Sy tanya kan k dokter spOG katanya kramnya akibat kontraksi dan tidak berbahaya. Dan untuk perdarahannya selama tidak sebanyak darah mens tidak apa2. Hanya harus bedrest. Dokter menyarankan kontrol lg setelah 1 bulan dan jika perdarahan banyak. Kemudian tgl 5 mar 2019 pukul 10 mlm (saat saya baru sampai dr runah setelah periksa), sy buang air kecil kemudian tiba2 keluar gumpalan darah warna coklat tua dg panjang sekitar 10 cm dan lebar sekitar 1 cm, agak keras, tetapi tidak sakit dan hanya disertai perdarahan sedikit ( sekitar 1/3 dr pembalut ukuran 35cm). Apakah saya keguguran ? Haruskn saya langsung usg lagi atau boleh menunggu untuk usg hingga sekitar 1 minggu kemudian ?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya seputar pedarahan saat hamil muda melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Yang perlu Anda perhatikan adalah untuk kontrol secara teratur dan memeriksakan kehamilan Anda. Anda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan Anda selama masa kehamilan ini dengan memperhatikan asupan nutrisi Anda selama kehamilan. Memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.dll

Kami sarankan anda membawa teman anda untuk segera diperiksakan ke dokter kandungan untuk memastikan apakah darah tersebut merupakan keguguran atau merupakan penyebab lainnya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar perdarahan saat hamil muda, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar