Sukses

Jamur pada Kuku

05 Mar 2019, 06:40 WIB
Wanita, 21 tahun.

Halo dok, mau tanya... Beberpa bulan yang lalu saya tdak sengaja menggaruk/mengorek kuku jempol kaki saya sampai habis. Habis dalam arti sesungguhnya, bagaimna saya bisa menyebutkannya (sampai kuku di bawah kurtikula(?) bagian belakang juga tercabut kukunya) setiap saya pegang jempol kaki saya tdk merasakan struktur kuku yang keras di jempol kaki saya, hanya seperti daging yang tertutupi lapisan kulit tipis. kalaupun kuku itu tumbuh, tdak tumbuh sempurna dan hanya tumbuh 1/4 -nya. Kuku yang tumbuh hitam layknya kuku rusak dan sangat rapuh rentang utk kembali tercabut. kulit jempol kaki pun jadi menghitam tidak sampai satu jempol kaki. Tdak ada rasa sakit sama skli terhadp kuku saya kecuali kalo saya usil mencoba untuk mengoreknya kembali. Perawatan dan apa yang harus saya lakukan utk memperbaiki kuku saya kembali? Kejadian ini smpai skrg membuat syaa risih terhdap jempol kaki karna tdak sempurnanya pertumbuhan kuku kaki dan akibat warna hitam yang ditimbulkan

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang ditimbulkan oleh keluhan Anda tersebut. Berdasarkan informasi yang Anda berikan, mengarahkan pada infeksi pada kuku kaki yang disebabkan oleh jamur yang disebut sebagai Tinea unguium.

Jamur pada kuku (onikomikosis atau tinea unguium). Dapat dimulai dari akhir kuku ataupun dasar kuku yang perlahan dapat mengangkat kuku. Pertumbuhan kuku yang tidak sempurna  ini dapat menyebabkan kuku menusuk kulit di samping kuku dan menyebabkan luka. Jamur sangat menyukai lingkungan yang lembab, bagaimana dengan alas kaki yang Anda gunakan, apakah tertutup dan lembab?

Bakteri atau jamur dapat masuk melalui luka di daerah sekitar kuku yang sudah rusak, menimbulkan infeksi lebih luas dan menyebabkan terjadinya rasa sakit pada daerah kuku, timbul kemerahan dan bengkak di sekitar kuku, dan kuku menjadi berwarna kuning kehijauan hingga kehitaman dan tidak rata

Untuk mengetahui penyebab pasti dari kelainan tersebut, selain pemeriksaan fisik secara langsung, dapat dilakukan pemeriksaan jaringan dengan KOH dan kultur (untuk memastikan adanya infeksi jamur).

Pengobatan infeksi jamur pada kuku ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan jenis infeksi jamur lainnya, dapat berlangsung selama 3-4 bulan. Obat yang dianjurkan adalah obat minum. Sedangkan obat salep atau krim biasanya kurang efektif dalam mengatasi infeksi jamur pada kuku, karena kuku sangat keras sehingga krim/salep sulit diserap. Bila kuku telah menembus kulit dan menyebabkan infeksi meluas, perlu dilakukan tindakan pembedahan minor dengan mengangkat kuku yang rusak.

Sayang sekali karena keterbatasn informasi dan tidak bisanya kami melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang secara langsung kepada Anda, untuk kepastian diagnosis dan terapi, Kami sarankan Anda kembali berkonsultasi dengan dokter Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar