Sukses

Mengobati Tifoid
04 Mar 2019, 08:21 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat malam dokter, Beberapa pekan lalu saya mengalami sakit tipes, kata dokter penyakit saya ini bisa disebabkan oleh pengaturan pola makan dan pola pikir yang kurang bagus. Untuk pola makan saya insyaallah bisa memahami, tapi untuk pola pikir saya masih tidak mengerti. Apa maksudnya kita tidak boleh memikirkan masalah di hadapan kita, atau bagaimana? Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya mengenai tipus melalui fitur Tanya Dokter

Demam tifoid atau secara awam disebut penyakit tipus merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri Salmonella typhii yang ditularkan lewat makanan. Gejalanya bisa berupa demam dan kelainan saluran cerna, seperti konstipasi atau diare. Tipus juga bisa disertai sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut. Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung. Gejala penyakit demam tifoid dapat berlangsung antara 10-14 hari.

Pengobatan tifus dilakukan dengan pemberian antibiotik dan pengaturan pola makanan. Kondisi Anda yang tidak kunjung sembuh dalam 4 minggu perlu evaluasi tertentu. Lamanya penyembuhan dari sebuah infeksi, bisa dipengaruhi oleh faktor tubuh Anda sendiri, faktor kuman, ataupun faktor pengobatan. Apakah pernah dilakukan pemeriksaan untuk konfirmasi tifus? Pada seseorang dengan imun yang buruk, contohnya pada kondisi malnutrisi, pengguna obat kemoterapi, obat steroid jangka panjang, infeksi HIV akan mengakibatkan penyembuhan menjadi lama. Faktor kuman berkaitan dengan adanya resistensi atau kekebalan kuman terhadap obat yang ada.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kembali ke dokter atau meminta second opiniondari dokter spesialis penyakit dalam mengenai kasus yang Anda alami. 

Berikut ini panduan makanan bagi penderita demam tifoid:

  • Hindari makanan berserat tinggi dan sedang, susu, produk susu, dan daging berserat kasar, makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, terlalu asam, dan berbumbu tajam
  • Makanan lebih baik dimasak hingga lunak dan dihidangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencernaan
  • Makanan lebih baik diberikan sering namun dalam porsi kecilBila diberikan untuk jangka waktu lama atau dalam keadaan khusus, perlu disertai suplemen vitamin dan mineral, atau makanan formula.
  • Penyakit ini mudah kambuh, karena bakteri Salmonella typhii , walaupun telah diobati, masih bisa bertahan dalam saluran cerna, dan ketika daya tahan tubuh Anda menurun, bakteri ini akan kembali menyerang dan menyebabkan sakit tipes berulang dan tidak kunjung sembuh. Untuk itu sangat penting menjaga daya tahan tubuh Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar