Sukses

Pemeriksaan Hepatitis C

02 Mar 2019, 20:53 WIB
Pria, 29 tahun.

Suami saya periksa darah ternyata ada virus hcv (hepatitis C) saya lihat disurat rujukan nya ada metode uji saring Chlia dan nilai ratio 1.27 (Nilai Rujukan 1.0) itu artinya apa ya dok? apakah bisa disembuhkan?

Terima kasih Anda telah bertanya tentang hepatitis C menggunakan fitur Tanya Dokter.

Pemeriksaan Anti Hcv merupakan suatu pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya antibodi terhadap virus hepatitis C di dalam darah, hasil yang positif mengindikasikan adanya infeksi virus hepatitis C dalam darah seseorang. Antibodi terhadap Hcv ini dideteksi dengan menggunakan metode Enzyme immunoassay yang sangat sensitif dan juga spesifik, sehingga dapat digunakan sebagai pemeriksaan awal untuk mendeteksi adanya antibodi terhadap virus tersebut. Enzyme immunoassay yang banyak dipergunakan saat ini mengandung protein core dan protein-protein struktural yang dapat mendeteksi keberadaan antibodi dakam waktu 4 – 10 minggu infeksi. Antibodi anti-HCV masih tetap dapat terdeteksi selama terapi maupun setelahnya tanpa memandang respons terapi yang dialami, sehingga pemeriksaan anti-HCV tidak perlu dilakukan kembali apabila sudah pernah dilakukan sebelumnya. Pemeriksaan ini tidak dapat mengetahui apakah infeksi yang terjadi bersifat akut atau kronis.

Jika anti HCV Anda reaktif kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter pernyakit dalam untuk konfirmasi infeksi. Pemeriksaan yang biasanya disarankan adalah pemeriksasan HCV RNA. Apakah Anda memiliki faktor risiko menderita hepatitis seperti riwayat penggunaan jarum suntik? Keluarga dengan hepatitis C? Keluarga dengan sirosis hati?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar